//

ANALISIS NILAI CBR UNSOAKED TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI DENGAN ZEOLIT PADA KEPADATAN SISI KERING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riski Mahazir - Personal Name
SubjectZEOLITE
SOILS-ENGINEERING GEOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Zeolit merupakan salah satu barang tambang yang memiliki daya tarik yang luar biasa dan pemamfaatannya dibidang pertambangan, pertanian, usaha tambak dan peternakan bahkan pada bidang sistem konstruksi. Dibidang teknik sipil zeolit juga telah dipergunakan sebagai bahan stabilisasi tanah. Tanah lempung merupakan jenis tanah kohesif yang sangat mudah bereaksi terhadap air, sehingga mempengaruhi nilai CBR tanah dan menyebabkan daya dukung tanah melemah. Uji CBR sering digunakan untuk mengetahui daya dukung tanah dasar seperti jenis tanah lempung untuk kebutuhan tebal perkerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil dari nilai CBR Unsoaked pada kepadatan sisi kering tanah lempung Desa Cot Seunong. Penelitian dilakukan di Laboratorium Mekanika Tanah Fakultas Teknik Unsyiah. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian adalah pengujian sifat - sifat fisis tanah seperti pengujian berat jenis, batas cair, batas plastis, pembagian butir, uji proctor standar dan pengujian CBR. Tanah yang digunakan pada penelitian ini berasal dari Desa Cot Seunong, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar dan kemudian dicampur dengan zeolit yang diperoleh dari perbukitan Desa Ujong Pancu, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Nilai CBR Unsoaked pada kepadatan sisi kering didapat dari pengurangan atau minus dua persen (-2%) kadar air optimum (OMC) pada pengujian pemadatan (standard proctor). Setelah itu dicari persentase variasi campuran zeolit dari 3% hingga 9%. Pencampuran tanah dengan zeolit hanya diuji pada pengujian CBR Unsoaked pada kepadatan sisi kering dan pada kepadatan optimum. Variasi campuran zeolit yang digunakan adalah dari 3%, 6%, dan 9%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan campuran zeolit pada tanah lempung Desa Cot Seunong berpengaruh pada peningkatan nilai CBR Unsoaked pada kepadatan sisi kering dan juga pada kepadatan optimum dari setiap variasi campuran. Dengan demikian kepadatan sisi kering akan meningkatkan nilai CBR Unsoaked tanah lempung Desa Cot Seunong yang distabilisasikan dengan zeolit lebih tinggi dibandingkan dari kepadatan optimum. Hal ini menunjukkan penambahan zeolit pada tanah lempung berpengaruh pada nilai CBR.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS NILAI CBR UNSOAKED TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI DENGAN ZEOLIT PADA KEPADATAN SISI BASAH (Nasrullah, 2014)

ANALISIS KEPADATAN TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI DENGAN ZEOLIT (Mizanul Hayat, 2014)

ANALISIS PERBANDINGAN KEPADATAN DENGAN METODE STANDARD DAN MODIFIED PROCTOR TERHADAP TANAH DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI KAPUR (FAZAL HURRI IDRIS, 2014)

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH KARBIT TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG KECAMATAN MONTASIK DENGAN PERCOBAAN CBR TIDAK TERENDAM (UNSOAKED) (fadhil rahmat, 2016)

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN CANGKANG KEMIRI TERHADAP NILAI CBR TANPA RENDAMAN (UNSOAKED) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Laila Mustika, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy