PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH


Pengarang

Chairil Anwar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103020019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Anwar, C. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Materi Turunan Fungsi di Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh.

(1) Drs. Syahjuzar, M.Si. (2) Dra. Suryawati, M.Pd.

Kata Kunci: Ketuntasan belajar, quantum teaching, turunan fungsi
Kurang aktifnya peserta didik dalam suatu pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik itu sendiri. Tingkat keaktifan peserta didik dalam suatu pembelajaran tergantung dari cara pendidik mengajar. Pendidik yang mengajar dengan model konvensional berakibat pada tidak aktifnya peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalah tersebut adalah model pembelajaran quantum teaching. Melalui model pembelajaran ini siswa akan diajak dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan dan dengan kerangka “TANDUR” peserta didik dituntut untuk lebih aktif dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk beraktivitas dalam menemukan kemampuan belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching pada materi turunan fungsi di kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan pendekatan kuantitatif jenis one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh p eserta didik kelas XI SMAN 12 Banda Aceh, sampel diambil satu kelas secara random sampling yaitu kelas XI-4. Pengumpulan data untuk hasil belajar peserta didik dilakukan dengan tes, sedangkan data untuk kemampuan guru dalam mengelola kelas dilakukan dengan observasi. Pengelohan data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan ?=0,05 dan dk = 25, dengan menguji normalitas sebaran data, dari perhitungan didaptkan data berdistribusi normal, sehingga uji-t dapat dilakukan. Dari hasil pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata yaitu 78,96. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada materi turunan tungsi di kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh dapat melebihi nilai ketuntasan minimal. ?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK