//

SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 1 MEUREUDU DAN SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDAWATI - Personal Name
SubjectTEACHERS
EDUCATIONAL COUNSELING
SCHOOL SUPERVISION
PRINCIPALS (SCHOOL)- ROLE AND FUNCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATKAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 1 MEUREUDU DAN SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA Oleh: Idawati NPM: 1609200050021 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Bahrun, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Supervisi pendidikan adalah usaha atau kegiatan pengawasan, pembinaan, dan layanan kepada pelaku pendidikan seperti kepala sekolah, guru dan pegawai tata usaha secara profesional untuk meningkatkan hasil belajar. Sementara Kinerja guru bimbingan konseling merupakan proses pembelajaran sebagai upaya mengembangkan kegiatan yang ada menjadi kegiatan yang lebih baik yang dilaksanakan oleh guru bimbingan konseling sesuai dengan target dan tujuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Proses Penyusunan program supervisi pendidikan oleh kepala sekolah, tehnik supervisi pendidikan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan kinerja guru bimbingan dan konseling, tindak lanjut kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru bimbingan dan konseling, dan hambatan-hambatan yang dialami kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru Bimbingan dan Konseling pada SMA Negeri 1 Meureudu dan SMA Negeri 1 Bandar Baru Pidie Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru-guru bimbingan dan konseling pada SMA Negeri 1 Meureudu dan SMA Negeri 1 Bandar Baru. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: (1) Proses penyusunan program supervise pendidikan oleh kepala sekolah adalah berorientasi pada beberapa tahapan yaitu perencanaan awal, tahap obsevasi, dan tahap akhir. Semua tahapan tersebut berjalan dengan efektif dan dapat menunjang kinerja guru; (2) Teknik supervisi pendidikan yang dilakukan oleh kepala sekolah bersifat komunikatif dan konsultatif untuk memberikan kontribusi terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling; (3) Tindak lanjut kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan adalah memberikan pemahaman mengenai tujuan pelaksanaan program bimbingan konseling sehingga kinerja guru bimbingan dan konseling dapat diandalkan; dan (4) Hambatan yang dialami kepala sekolah dalam kegiatan supervisi pendidikan adalah kurangnya pegetahuan dan sosialisi sebelumnya terhadap guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugasnya sehingga menyulitkan kepala sekolah dalam membimbing kembali guru-guru tersebut. Kata Kunci: Supervisi Pendidikan dan Kinerja Guru

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI 66 BANDA ACEH (NURUL AINIE, 2018)

SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)

PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK PADA SMAN 1 DAN SMAN 2 SIGLI (SAFRIDA, 2018)

SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 4 DAN SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (ARNITA AIDIL, 2019)

KARAKTERISTIK BAHASA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SMP KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Hayatun Rahmi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy