PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI GEMPA BUMI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN SERTA EFEKTIVITAS PENERAPANNYA PADA SISWA MTS DARUL ULUM BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI GEMPA BUMI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN SERTA EFEKTIVITAS PENERAPANNYA PADA SISWA MTS DARUL ULUM BANDA ACEH


Pengarang

Nurul Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200140024

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Ilmu Kebencanaan (S2) / PDDIKTI : 61104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

363. 349 5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Mind Mapping pada Materi Gempa Bumi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Kesiapsiagaan serta Efektivitas Penerapannya pada Siswa MTs Darul Ulum Banda Aceh” bertujuan untuk 1) mengembangkan media mind mapping, 2) mengetahui tingkat pengetahuan siswa tentang gempa bumi, 3) mengetahui tingkat sikap kesiapsiagaan siswa terhadap gempa bumi, 4) mendeskripsikan pengaruh media mind mapping terhadap pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan siswa, dan 5) mendeskripsikan efektivitas penerapan media mind mapping pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif melalui pendekatan analysis, design, development, implementation dan evaluation (ADDIE). Polpulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I MTs Darul ulum Banda Aceh dan sampelnya adalah siswa kelas I-3. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengembangan media mind mapping dilakukan melalui 5 tahapan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation, 2) tingkat pengetahuan siswa diperoleh persentase awal 36,67% dan meningkat menjadi 82,01% setelah penerapan media mind mapping, 3) tingkat sikap kesiapsiagaan siswa sebelum penerapan media adalah 67,43% dan meningkat menjadi 95,34% setelah penerapan media mind mapping, 4) pengaruh media mind mapping terhadap pengetahuan sebesar 5% dan sikap kesiapsiagaan sebesar 2,1%, dan 5) media mind mapping efektif untuk diterapkan pada pembelajaran gempa bumi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media mind mapping dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan siswa terhadap gempa bumi, serta media mind mapping efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran.

Kata kunci: mind mapping, gempa bumi, ADDIE








ABSTRACT

The study entitled, ”Development of An Earthquake Mind Mapping Media to Increase The Knowledge, Preparedness Attitude and Application Effectiveness of MTs Darul Ulum Banda Aceh Students” was aimed to 1) develop mind mapping media, 2) determine the level of students' knowledge of earthquakes, 3) determine the students' attitudes toward earthquake preparedness, 4) describe the influence of mind mapping media to the knowledge and preparedness attitude of students, and 5) describe the effectiveness of mind mapping media on the students. This type of research was Research and Development (R & D) by using qualitative and quantitative methods through were analysis, design, development, implementation dan evaluation (ADDIE) approach. Polpulation in this study was first class students of MTs Darul Ulum Banda Aceh and the sample was grade I-3. The sampling technique was purposive sampling. An instruments used in this study was a questionnaire. Data were analyzed by using descriptive percentages. The results showed that 1) the development of mind mapping media was executed through the 5 stages of ADDIE, Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation, 2) the knowledge level of the students acquired the initial percentage of 36.67% and increased to 82.01% after the application of mind mapping media, 3) the preparedness level of students' attitudes before the application of media was 67.43% and increased to 95.34% after the application of mind mapping media, 4) the influence of the mind mapping media toward the knowledge was about 5% and the attitude of preparedness was about 2.1%, and 5) The mind mapping media was effective to be implemented in earthquake learning. Based on the research results, it could be concluded that the application of mind mapping media could improve students' knowledge and attitudes toward earthquake preparedness, and also effective to be applied to the learning process.
Keywords: mind mapping, earthquake, ADDIE

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK