PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP ADVERSITY QUOTIENT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP ADVERSITY QUOTIENT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN


Pengarang

Muthmainnah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103020017

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Muthmainnah. 2018. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Adversity Quotient dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
Drs. Bainuddin Yani. S, M. S., M. Pd (2) Khairul Umam, S.Si., M.EdSc
Kata Kunci: Hasil Belajar, Adversity Quotient (AQ), model Discovery Learning
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau prestasi belajar seseorang, diantaranya kecerdasan dan pengelolaan kelas. Awalnya banyak pendapat yang menyatakan bahwa keberhasilan belajar sangat tergantung pada Intelegence Quotient (IQ), akan tetapi banyak orang yang memiliki IQ tinggi tapi tidak mewujudkan potensinya, salah satu faktor lagi yang juga memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan seseorang, yaitu kecerdasan menghadapi masalah atau Adversity Quotient (AQ). AQ merupakan kemampuan seseorang dalam mengatasi masalah atau kesulitan merupakan faktor penting dalam mencapai kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran model Discovery Learning terhadap Advesity Quotient siswa, hasil belajar siswa melalui penerapan model Discovery Learning pada materi Pola Bilangan di Kelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh mencapai KKM, dan adanya korelasi yang signifikan antara AQ dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Sampel penelitian ini adalah satu kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas VIII-1 dengan jumlah anggota sebanyak 30 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket Adversity Quotient dan test hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik kuantitatif deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan peningkatan Adversity Quotient siswa dan teknik kuantitatif dengan desain One Shoot Case Study digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pembelajaran discovery terhadap Adversity Quotient tidak berpengaruh secara signifikan (2) melalui pembelajaran Discovery Learning hasil belajar siswa mencapai KKM pada materi Pola Bilangan di Kelas VIII di SMP Negeri 7 Banda Aceh ,berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai t_hitung > t_tabel sehingga diperoleh nilai 1,70409 > 1,69913, maka H0 ditolak dan H_a diterima . (3) Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat Adversity Quotient (AQ) dan hasil belajar siswa kelas VIII materi Pola Bilangan di SMP Negeri 7 Banda Aceh, berdasarkan analis data diperoleh nilai r = 0,078 dan koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa nilai thitung < ttabel atau 0,4161 < 2,04841, maka H0 diterima dan H_a ditolak.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK