ANALISIS EFISIENSI RANTAI PEMASARAN BAWANG MERAH DI KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS EFISIENSI RANTAI PEMASARAN BAWANG MERAH DI KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR


Pengarang

Wiena Alizza - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1205102010056

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ANALISIS EFISIENSI RANTAI PEMASARAN BAWANG MERAH DI KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR
(Analysis Of Market Chaining Efficiency In Banda Aceh And Aceh Besar)

Wiena Alizza1, Agustina Arida1 , Fajri Jakfar1*
1Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala

Abstrak - Harga bawang merah di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar mengalami fluktuasi. Pada saat harga di pasar sangat mahal rumah tangga mengeluh, sebaliknya pada saat harganya sangat murah petani yang mengeluh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi pemasaran, jenis saluran pemasaran, besarnya margin, profit pemasaran bawang merah di kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif, metode analisis margin dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saluran pemasaran bawang merah yang terjadi pada penelitian ini meliputi petani, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen; (2) Margin pemasaran bawang merah pada pasar Ulee Kareng sebesar Rp.1.975 per kg, pada pasar Peunayong sebesar Rp.4.950 per kg, dan pada pasar Lambaro sebesar Rp. 2.625 per kg; (3) Efisiensi pemasaran bawang merah pada pasar Ulee Kareng sebesar 10,46 % dan pada pasar Peunayong sebesar 19,26 %, sedangkan pada pasar Lambaro sebesar 17,26 %.
Kata Kunci: Bawang Merah, Saluran Pemasaran, Keuntungan Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran


Abstract - The price of onion in Banda Aceh and Aceh Besar fluctuated. At a time when prices in the market are very expensive households complain, otherwise when the price is very cheap farmers are complaining. The purpose of this research is to know marketing efficiency, marketing channel type, margin amount, marketing profit of onion in Banda Aceh and Aceh Besar city. This research was conducted by survey method. The method of analysis used is descriptive method, method of margin analysis and marketing efficiency. The results showed that: (1) Onion marketing channels that occurred in this study include farmers, collecting traders, retailers and consumers; (2) Onion market margin on Ulee Kareng market at Rp 1,975 per kg, at Peunayong market of Rp.4.950 per kg, and at Lambaro market of Rp. 2.625 per kg; (3) Efficiency of onion marketing at Ulee Kareng market is 10.46% and Peunayong market is 19.26%, while in Lambaro market is 17.26%.
Keywords: Red Onion, Marketing Channels, Marketing Benefits, Marketing Margin, Marketing Efficiency

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK