//

KEBERMAKNAAN HIDUP MANTAN PECANDU NAPZA DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dina Maghfirah Nasution - Personal Name
SubjectPSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penyalahgunaan NAPZA yang dilakukan secara terus-menerus dapat mengakibatkan ketergantungan secara fisik maupun psikis. Pada tahap ketergantungan inilah seseorang disebut sebagai pecandu NAPZA. Ketergantungan pada NAPZA dapat menimbulkan dampak buruk terhadap pecandunya dan mengakibatkan penderitaan yang membuat kehidupannya menjadi tidak bermakna. Kebermaknaan hidup adalah keadaan yang menunjukkan sejauh mana individu telah mengalami dan menghayati kepentingan keberadaan hidupnya menurut sudut pandang dirinya sendiri, dan makna hidup tidak dapat diberikan oleh siapapun, tetapi hanya dapat dipenuhi jika dicari dan ditemukan oleh diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebermaknaan hidup mantan pecandu NAPZA di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Proses pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi yang dilakukan selama kurang dari 1 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek menemukan makna hidupnya setelah berhenti menjadi pecandu NAPZA, karena ketiga subjek merasa hidupnya menjadi lebih baik tanpa NAPZA serta dapat melakukan hal-hal positif dan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain sehingga ketiga subjek merasakan kebahagiaan. Kata Kunci: Pecandu, Mantan Pecandu NAPZA, Kebermaknaan Hidup.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DENGAN RISIKO RELAPS PADA MANTAN PECANDU NAPZA DI BANDA ACEH (Fatma Agustina, 2015)

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN RISIKO RELAPS PADA PECANDU NAPZA DI PUSAT REHABILITASI BANDA ACEH (T.KHAIRUMAN, 2015)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Cut Harvina, 2015)

RESILIENSI PADA MANTAN PECANDU NARKOBA (NADHIRA RIZKIA FATHA, 2019)

IMPLEMENTASI PROGRAM REHABILITASI SOSIAL PECANDU NARKOTIKA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA “INSYAF” MEDAN (Muhammad Aulia Rifandi, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy