//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FARTIKA TARWIAH - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pentingnya penguasaan materi oleh siswa berdasarkan standar kurikulum menuntut pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini berkaitan dengan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 1 Montasik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 1 Montasik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Montasik dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu dengan memilih siswa kelas X sebanyak dua kelas sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan pretest dan postest, kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian diperoleh t_hitung> t_tabel ( 2,255 > 1,68), artinya hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dari pada hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 1 Montasik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) SISWA KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH (Faisal Syahputra, 2016)

PENERAPAN INQUIRY ROLE APPROACH (INKUIRI PENDEKATAN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Kasmi Laila, 2015)

PEMEBELAJARAN PROGRAM LINEAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI (Ulya Rohaizati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy