PENERAPAN MEDIA PERSEGI SATUAN DALAM PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 47 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MEDIA PERSEGI SATUAN DALAM PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 47 BANDA ACEH


Pengarang

Fahmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104040035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Fahmi. 2017. Penerapan Media Persegi Satuan dalam Pembelajaran Luas Bangun Datar di Kelas IV SD Negeri 47 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Nurhaidah, M.Pd (2) Linda Vitoria, S.Si., M.Sc

Kata Kunci: media, persegi satuan, luas bangun datar

Dalam konteks media persegi satuan pada luas bangun datar yang akan dibahas adalah bagaimana penerapan media persegi satuan pada pembelajaran luas bangun datar pada aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Secara khusus penelitian ini bertujuan melihat hasil belajar peserta didik menggunakan media persegi satuan pada luas bangun datar peserta didik kelas IV di SDN 47 Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data penelitian ini bersumber dari peserta didik SDN 47 Banda Aceh. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN 47 Banda Aceh yang berjumlah 36 peserta didik.
Pengumpulan data menggunakan tes. Soal tes yang diberikan peneliti kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Media Persegi Satuan dalam Pembelajaran Luas Bangun Datar di Kelas IV SD Negeri 47 Banda Aceh
Pada hasil tes belajar menunjukkan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 27 peserta didik atau sebesar 18,18% dan 6 peseta didik tidak tuntas atau sebesar 18,18%. Dari hasil analisis data tersebut dapat diketahui bahwa ketuntasan tes peserta didik tergolong tuntas. Merujuk pada ketentuan KKM yang telah ditetapkan disekolah tersebut”bahwa setiap peserta didik dikatakan tuntas belajarnya jika telah mencapai kompetensi minimal 70”.
Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran persegi panjang luas bangun datar dapat memudahkan para peserta didik dalam mengikuti pelajaran sehingga hasil yang diperoleh peserta didik dapat tercapai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan di SD 47 Banda Aceh khususnya di kelas IV, dan diharapkan bagi guru agar menggunakan media dalam mengajar guna menarik dan memotivasi peserta didik dalam mengerjakan tugas dan belajar, sehingga peserta didik akan jauh lebih baik dalam mengikuti pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK