//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Dara Alissha - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Alissha, Cut Dara. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : Drs. Fauzi, M.Pd. (2) Linda Vitoria, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Matematika Salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi pendekatan saintifik. Hal ini bermaksud dalam pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran model problem based learning ini yang di dalamnya dimasukkan pendekatan saintifik. Model pembelajaran ini memfokuskan siswa secara aktif memecahkan masalah dan menuntut keterampilan berpikir siswa yang lebih tinggi sebagaimana tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan model One-Shot Case Study. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas Va, Vb, Vc yang berjumlah 114 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vc yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal berbentuk essay sebanyak 5 butir soal dengan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut yang berbeda. Hasil penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n – 1 = 35 – 1 = 34 maka daftar distribusi t dengan t_((1-a)(n-1)) sehingga diperoleh t_((0,95)(34)) = 1, 697. Jadi t_hitung = 4,36 dan t_tabel = 1,697, sehingga t_hitung > t_tabel yaitu 4,36 > 1,697. Maka ????0 ditolak dan ???????? diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi pendekatan saintifik di kelas V dapat mencapai ketuntasan belajar. Maka disimpulkan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Mita Prancinitia, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL (Irawita, 2019)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SEUNAGAN TAHUN AJARAN 2015/2016 (Noviliya Roza, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PEUKAN PIDIE (ASHARAINA, 2020)

HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASET LEARNING (PBL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Jumratul Aini, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy