PERSEPSI GURU PAMONG PENJASORKES TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENJASKESREK FKIP UNSYIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERSEPSI GURU PAMONG PENJASORKES TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENJASKESREK FKIP UNSYIAH


Pengarang

Fitra Hidayat - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104020002

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci : Persepsi, Keterampilan Mengajar
Penelitian berjudul “Persepsi Guru Pamong Penjasorkes Kota Banda Aceh terhadap keterampilan dasar mengajar guru program pengalaman lapangan (PPL) FKIP Unsyiah”. Ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru pamong dan bagaimana keterampilan mengajar guru PPL Penjasorkes FKIP Unsyiah. Populasi penelitian ini adalah Guru Pamong Penjasorkes Kota Banda Aceh yang berjumlah 26 orang. Dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sebagai sampel (total sampling) sebesar 26 orang dan dari 26 sampel tersebut diperoleh 20 data penelitian. Metode yang digunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup yaitu, daftar pertanyaan yang telah disediakan dengan jawaban, sehingga responden hanya memilih salah satu jawaban yang dianggap benar dengan masing-masing jawaban mempunyai skor penilaian. Analisis data menggunakan teknik statistik dalam bentuk kategorisasi jenjang dengan tujuan untuk mendapatkan kategori jawaban dan selanjutnya menghitung persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi Guru Pamong terhadap keterampilan mengajar guru PPL Penjaskesrek FKIP Unsyiah menyatakan 225 jawaban dengan kategori sangat baik (35,15%), 346 jawaban kategori baik (54,06%), 69 jawaban kategori kurang (10,76%) dan tidak ada juga jawaban kategori sangat kurang (00,00%). Dapat disimpulakan bahwa persepsi guru pamong penjasorkes terhadap keterampilan mengajar guru PPL Penjaskesrek FKIP Unsyiah sebagaian besar menunjukkan kategori baik. Dari hasil persepsi Guru Pamong tersebut menunjukkan, keterampilan dasar mengajar guru PPL Penjaskesrek FKIP Unsyiah termasuk dalam kategori baik. Disarankan penelitian bagi Guru Pamong Penjasorkes Kota Banda Aceh untuk dapat membimbing dan membina guru PPL Penjaskesrek FKIP Unsyiah sebaik mungkin pada saat latihan mengajar disekolah, dengan cara meningkatkan keterampilan mengajar yang lebih baik lagi, agar para calon guru tersebut dapat menjadi guru yang berkualitas nantinya. Bagi para calon guru, atau guru PPL Penjaskesrek FKIP Unsyiah untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar, untuk dapat menyandang predikat sebagai guru yang betul-betul memiliki kemampuan profesional, personal dan sosial.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK