PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013


Pengarang

lebe berkat - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101140010

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci : Penerapan, Model Pembelajaran, Kooperatif, Tipe Talking Stick, Prestasi Belajar.
Skripsi ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Lawe Sigalagala Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini dilatarbelakangi, rendahnya kemampuan siswa dalam pemahaman materi dan kurangnya aktivitas guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran IPS, dengan permasalahannya; Apakah aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick ? Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIIIA SMP Negeri 3 Lawe Sigalagala Kabupaten Aceh Tenggara ?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui perubahan prestasi siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIIIA SMP Negeri 3 Lawe Sigalagala melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS, terbukti pada proses pembelajaran siklus I aktivitas belajar siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dari 30 siswa atau sekitar 37% dengan rata-rata kelas 55,00, siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni 18 orang dari 30 siswa atau sekitar 60% dengan rata-rata kelas 67,66. Dan siklus III aktivitas belajar siswa yang tuntas mangalami peningkatan sebanyak 27 dari 30 siswa atau sekitar 90% dengan rata-rata kelas 71,33. dan aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran IPS kelas VIIIA SMPN 3 Lawe Sigalagala, dibuktikan dengan lembar observasi kinerja guru dari siklus pertama perolehan skor 40, nilai rata-ratanya 3,63, pada siklus kedua perolehan skor meningkat menjadi 43, nilai rata-ratanya 3,90, kemudian siklus ketiga perolehan skornya semakin meningkat menjadi 44 , dangan nilai rata-ratanya 4,00.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK