//

PENGARUH KUALITAS TIDUR TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI PADA PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Ramadhana - Personal Name
SubjectSLEEP DISTURBANCES
HIGH BLOOD PRESSURE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Latar Belakang: Hipertensi merupakan salah satu penyakit degeneratif yang menjadi masalah besar dalam dunia kesehatan. Penyakit ini disebut sebagai the silent killer karena hipertensi sering tidak menimbulkan gejala, sementara tekanan darah yang terus menerus tinggi tanpa diobati dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan komplikasi. Hipertensi dan komplikasinya merupakan penyebab kematian secara global. Kualitas tidur buruk dapat menyebabkan terjadinya hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas tidur terhadap kejadian hipertensi pada pasien rawat jalan di Poliklinik Penyakit Dalam BLUD RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Desain: Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Metode: Metode pengambilan sampel adalah dengan consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 81 orang dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data yang digunakan adalah data primer menggunakan kuesioner Pittsburgh sleep quality index (PSQI) yang digunakan untuk mengukur kualitas tidur responden dengan wawancara terpimpin yang berpedoman pada kuesioner. Dikatakan kualitas tidur baik bila nilainya ≤5 dan kualitas tidur buruk bila skornya >5. Dan data sekunder yaitu menggunakan rekam medik untuk melihat status pasien yang sudah didiagnosa hipertensi oleh dokter di Poliklinik Penyakit Dalam BLUD RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Hasil dan Kesimpulan: Dengan menggunakan analitik chi-square (p > 0,05) diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh kualitas tidur terhadap kejadian hipertensi pada pasien rawat jalan di Poliklinik Penyakit Dalam BLUD RSUD dr. Zaienoel Abidin Banda Aceh. Kata kunci: Kualitas tidur, Hipertensi, Pittsburgh sleep quality index (PSQI).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN FUNGSI KOGNITIF (Defira Rosa Amalia, 2014)

PENGARUH OBESITAS TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI (Yuni Astuti Lubis, 2015)

HUBUNGAN DURASI DAN KUALITAS TIDUR DENGAN TENSION TYPE HEADACHE DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH (Reza Rumaisya, 2017)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN RISIKO MENDERITA SLEEP APNEA PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Radita Milati, 2017)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH (MUHIBBUL HADI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy