//

IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN BENCANA LONGSOR DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Widianalisa - Personal Name
SubjectEARTHQUAKES - DISASTER SERVICE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Longsor terjadi pada beberapa tempat di Kabupaten Aceh Barat. Untuk memudahkan usaha-usaha untuk pencegahan dan penanggulangan bencana longsor, maka perlu diketahui tingkat bahaya dan persebaran daerah rawan bencana longsor di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini mengidentifikasi daerah rawan longsor dengan menggunakan metode Indeks Storie dan menyajikan hasilnya dalam bentuk peta daerah rawan longsor. Peta yang dihasilkan selanjutnya dibandingkan dengan peta bahaya longsor Aceh Barat eksisting. Data yang digunakan adalah data spasial berupa batas administrasi Kabupaten Aceh Barat, jenis tanah, penggunaan lahan, dan DEM SRTM 30m, data non-spasial yang berupa data curah hujan. Data tersebut diolah dengan menggunakan Software ArcMap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Kabupaten Aceh Barat memiliki nilai Indeks Storie 0,001-0,672 yang menandakan tingkat kerawanan longsor rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian ini berbeda dengan hasil analisis oleh TDMRC yang menunjukkan bahwa secara umum Kabupaten Aceh Barat memiliki tingkat kerawanan bencana longsor bernilai sedang. Perbedaan ini terjadi karena adanya perbedaan kelas rawan longsor, parameter penyebab longsor, dan metode perhitungan yang digunakan. Kata Kunci: Indeks Storie, SIG, longsor, Aceh Barat, peta bahaya

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN BENCANA LONGSOR DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN ACEH BARAT (Sri Widianalisa, 2018)

PEMANFAATAN DATA PENGINDERAAN JAUH UNTUK PEMETAAN DAERAH RAWAN TANAH LONGSOR DI KABUPATEN KARO SUMATERA UTARA (Muliadi Sembiring, 2017)

ANALISIS DAERAH RAWAN BENCANA LONGSOR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS : JALAN NASIONAL RUAS KABUPATEN BENER MERIAH) (Ikram Khairun, 2016)

ANALISA ZONA KAWASAN RAWAN LONGSOR DI KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Riza Wahyudi, 2016)

ANALISIS SPASIAL KAWASAN RAWAN LONGSOR DI PROVINSI ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (Muhammad Maksum, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy