//

ANALISIS KEMAMPUAN WASIT PENGCAB PSSI KABUPATEN PIDIE TAHUN 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Usni Khamsur Ramadhan - Personal Name
SubjectFOOTBALL
REFEREEING (RECREATION) - SOCCER
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Olahraga Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ANALISIS KEMAMPUAN WASIT PENGCAB PSSI KABUPATEN PIDIE TAHUN 2016 ABSTRAK (Usni Khamsur Ramadhan) Dalam permainan sepak bola dipimpin oleh seorang wasit dan dibantu oleh dua asiten wasit serta wasit tunggu. Permainan sepak bola dapat berjalan dengan baik dari awal permaian sampai akhir permainan bila dipimpin oleh wasit yang memiliki kinerja baik dan salah satu masalah utama pada wasit permainan sepakbola Pengcab PSSI Pidie ialah belum adanya evaluasi terhadap kinerja wasit yang dibawah kepemimpinan PSSI Pidie. Selama ini pemilihan wasit berdasarkan penunjukan langsung berdasarkan kesepakatan bukan dari penilaian kinerja wasit dilapangan. Tujuan penelitian ini (1). Untuk mengetahui kinerja wasit Pengcab PSSI Pidie dan (2) untuk mengetahui kemampuan kondisi fisik wasit pengcab PSSI Pidie Subjek dalam penilitian ini adalah wasit yang memiliki sertifikat wasit yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Angket untuk mengukur kinerja wasit dan (2) MFT(Multistage Fitness Test) untuk mengukur daya tahan (VO2max), dan tes lari 30 meter untuk mengukur kecepatan lari. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian kemampuan kinerja wasit kecakapan memimpin, penguasaan peraturan dan tanggung jawab profesi memiliki persentase yang berbeda beda diantaranya 30% seperti Tanggung Jawab profesi yaitu dengan persentase 33%, penguasaan peraturan 31% dan kecakapan dalam memimpin pertandingan 36% termasuk kedalam kategori Baik. Untuk hasil kemampuan kondisi fisik Pengcab PSSI Kabupaten Pidie memiliki Vo2max Sangat Baik (30%) Baik (30%), Cukup (30%), Buruk (30%) dan Buruk Sekali (10%). Hasil kemampuan lari 30 meter Baik Sekali (30%), Baik (30%), Cukup (20%), Buruk (10%) dan Buruk Sekali (10%). Berdasarkan hasil di atas disarankan kepada Pengcab PSSI Pidie untuk menyusun program latihan yang kontinyu dan terarah sehingga dapat meningkatkan kondisi fisik wasit sepakbola Pengcab PSSI Pidie. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan, Pengcab PSSI Pidie

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI TENTANG KETENTUAN PEMBAYARAN HONORARIUM WASIT SEPAKBOLA DI LINGKUNGAN ASPROV PSSI ACEH TAHUN 2018 (Juandi Munandar, 2019)

PENGEMBANGAN STANDAR FISIK DAN NON FISIK WASIT SEPAKBOLA ASOSIASI PROVINSI PSSI ACEH (ZEINDI FHONNA, 2019)

HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING SEPAKBOLA PADA PEMAIN KLUB SPIT TEUNOM FC KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN 2019 (Darwin, 2020)

HUBUNGAN KELINCAHAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI KLUB ANEUK ABDYA FOOTBAL CLUB TAHUN 2014 (T.Kairil Ramadhan, 2015)

ANALISIS PERAN DISPARBUDPORA, KONI DAN PENGCAB DALAM PEMBINAAN ATLET DI KABUPATEN PIDIE (ANDRI RIANDI LINGLA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy