PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN MENGGUNAKAN ALGORITMA HARMONY SEARCH ( STUDI KASUS : PT YAKULT INDONESIA PERSADA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN MENGGUNAKAN ALGORITMA HARMONY SEARCH ( STUDI KASUS : PT YAKULT INDONESIA PERSADA BANDA ACEH)


Pengarang

Aprilliani Zega - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1404106010005

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN MENGGUNAKAN ALGORITMA HARMONY SEARCH
(STUDI KASUS: PT. YAKULT INDONESIA PERSADA, BANDA ACEH)

ABSTRAK
Transportasi dan distribusi merupakan unsur penting dari manajemen logistik. Manajemen transportasi dan distribusi yang baik akan memberikan kecepatan dan ketepatan waktu pendistribusian produk. Strategi yang dapat di implementasikan dalam mengoptimalkan pendistribusian yang efisiensi tersebut yaitu dengan cara memperhatikan rute pendistribusian pada transportasi, yang dikenal dengan istilah Vehicle Routing Problem. PT Yakult Indonesia Persada, Banda Aceh merupakan sentral pendistribusian Yakult di Kota Banda Aceh dan sekitarnya dengan membagi sistem distribusi kendaraan berdasarkan area pengiriman sehingga membutuhkan kendaraan distribusi dalam jumlah yang banyak dan tidak mempertimbangkan kapasitas angkut kendaraan pada saat distribusi, yang mengakibatkan biaya operasional juga menjadi lebih besar dimana setiap pelanggan dilayani berdasarkan interval waktu atau batas buka tutup toko dan di batasi dengan 8 jam waktu kerja, hal ini sama dengan karakteristik dari jenis Vehicle Routing Problem yaitu Time Window. Penentuan rute kendaraan untuk kasus VRPTW menggunakan metode metaheuristik dengan menggunakan algoritma Harmony Search. Hasil yang didapatkan yaitu algoritma mampu memberikan solusi yang baik dalam menyelesaikan kasus yang diteliti, yang mana algoritma ini memberikan hasil yang optimal dengan waktu tempuh 1,1645 jam dari total waktu tempuh sebelumnya 1,5977 jam, yang berarti bahwa terjadi pengurangan waktu tempuh sebesar 27,1139% dengan waktu komputasi 92,976 detik. Dari pengurangan waktu tempuh yang diperoleh dapat disimpulkan terjadi penghematan biaya pada proses distribusi PT. Yakult Indonesia Persada Banda Aceh.

Kata Kunci: Transportasi, Vehicle Routing Problem, Time Window, Metaheuristik, Harmony Search

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK