//

LAJU KEAUSAN STAINLESS STEEL SUS 304 PADA LINGKUNGAN PELUMASAN BAHAN BAKAR DIESEL ALAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MURSALIN - Personal Name
SubjectMECHANICS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penggunaan BBM khususnya bahan bakar diesel sangat meningkat seiring dengan bertumbuhnya populasi dunia baik dibidang industri, transportasi, dan pertanian, yang kemudian berdampak pada ketersedian minyak bumi yang semakin menipis. Oleh karena itu perlu mencari alternatif dengan memanfaatkan sumber daya alam sebagai bahan bakar nabati (biofuel) salah satunya biodiesel. Dalam penelitian ini peneliti akan melakukan pengujian tribologi terhadap biodiesel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat keausan (wear rate) dan koefisien gesekan yang dihasilkan oleh biodiesel terhadap komponen komponen mesin dengan menggunakan empat varian biodiesel yaitu minyak sawit (PME), miyak bintaro, minyak karet dan pertamina dex. Komponen yang digunakan adalah stainless steel SUS 304 berdiameter 30 mm dan tebal 5 mm untuk disk, sedangkan ball juga SUS 304 berukuran 8 mm. Parameter yang ditentukan pada suhu 27°C (ambient) dengan beban 15 Newton dan kecepatan putaran 200 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien gesek rata-rata berkisar antara 0,098 – 0,461 µ, sedangkan tingkat keausan berkisar 2,87 - 24,39 x 10-5 mm3/Nm pada ball dan 0,75 - 3,01 x 10-5 mm3/Nm pada disk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelumasan dengan menggunakan bahan bakar minyak bintaro adalah pelumasan yang paling baik untuk material Stainless Steel SUS 304. Penelitian ini menghasilkan variasi koefiesien gesek dan tingkat keausan untuk dijadikan parameter pada penelitian yang lain. Kata Kunci: Tribologi, Biodiesel, Koefisien Gesek, Wear rate, SUS 304

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

LAJU KEAUSAN STAINLESS STEEL SUS 304 PADA LINGKUNGAN PELUMASAN BAHAN BAKAR DIESEL ALAMI (MURSALIN, 2018)

ANALISIS GESEKAN DAN LAJU KEAUSAN LOGAM PADA LINGKUNGAN PELUMASAN METHYL ESTER (Mahadir Muhammad, 2019)

PENGARUH KANDUNGAN MATHYL ESTER SAWIT DALAM PELUMAS TERHADAP KEAUSAN SUS 304 (T M DAMIRSYAH, 2018)

SIFAT GESEK DAN KEAUSAN STAINLESS STEEL TERHADAP CAST IRON DALAM LINGKUNGAN MINYAK BIODIESEL (Husaini, 2016)

KAJIAN EKSPERIMENTAL SIFAT GESEK DAN KEAUSAN LAPISAN DIAMOND LIKE CARBON (DLC) DALAM LINGKUNGAN BIODIESEL (Rian Satrizan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy