//

PEMURNIAN MINYAK GORENG BEKAS MENGGUNAKAN KULIT RUMBIA SEBAGAI ADSORBEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INDRI ANI SAFITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Minyak merupakan medium penggoreng bahan pangan yang banyak di konsumsi masyarakat luas. Minyak goreng bekas atau biasanya yang lebih dikenal dengan sebutan minyak jelantah adalah minyak goreng yang telah dipanaskan serta digunakan untu mengoreng berulang kali yang telah merusak mutu dan nilai gizi dari minyak tersebut. Kulit rumbia bisa dijadikan sebagai adsorben untuk pemurnian minyak goreng bekas karena memiliki kandungan selulos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengkaji potensi kulit rumbia sebagai adsorben untuk pemurnian minyak goreng bekas, mempelajari pengaruh massa adsorben terhadap pemurnian minyak goreng bekas, mempelajari pengaruh waktu pengontakan adsorben terhadap pemurnian minyak goreng bekas, dan mengetahui efisiensi pemurnian minyak goreng dengan menggunakan kulit rumbia. Penelitian ini dilakukan dengan cara menggontakan adsorben kulit rumbia dengan minyak goreng pada variasi massa adsorben 0,2 gr; 0,4 gr; 0,6 gr; 0,8 gr dan 1 gr dan variasi waktu pengadukan selama 10 menit, 15 menit, 20 menit dan 25 menit dengan waktu pengontakan selama 1 jam. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa analisa warna, kadar air, FFA, bilangan peroksida dan angka penyabunan pada minyak goreng bekas yang telah dilakukan pemurrnian telah memenuhi standar. Kata kunci : Minyak goreng, minyak goreng bekas, adsorben, pemurnian

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMURNIAN MINYAK GORENG BEKAS MENGGUNAKAN KULIT RUMBIA SEBAGAI ADSORBEN (INDRI ANI SAFITRI, 2018)

PENGUJIAN KEMAMPUAN REFRAKTOMETER SEDERHANA MENGGUNAKAN PRISMA BEONGGA DARI KACA KOMERSIAL BIASA UNTUK PENENTUAN KUALITAS MINYAK GORENG (SARINA, 2017)

PEMURNIAN BIODIESEL DENGAN METODE DRY WASHING MENGGUNAKAN ADSORBEN ALAMI JERAMI PADI DAN PATI JANENG (Yulidar, 2019)

PENINGKATAN KUALITAS MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN ADSORBEN DARI CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PARAMETER BILANGAN PEROKSIDA, BILANGAN ASAM, KADAR AIR DAN WARNA (ANNISA RAHMI, 2019)

PENINGKATAN KUALITAS MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN ADSORBEN DARI CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PARAMETER BILANGAN PEROKSIDA, BILANGAN ASAM, KADAR AIR DAN WARNA (NUR RISKA CARILYA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy