PEMODELAN PROSES BISNIS SISTEM PEMASANGAN AIR PDAM DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS MODELLING AND NOTATION (BPMN) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PEMODELAN PROSES BISNIS SISTEM PEMASANGAN AIR PDAM DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS MODELLING AND NOTATION (BPMN)


Pengarang

Muslahatul Jafar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1404106010023

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirta Daroy merupakan perusahaan air daerah Aceh, salah satu cabangnya yaitu Syiah Kuala. Salah satu masalah yang terjadi pada cabang ini yaitu buruknya proses bisnis yang terjadi pada pelayanan Pemasangan Sambungan Baru dan pemasangan sambungan kembali. Sehingga penulis ingin menciptakan proses bisnis yang lebih baik yaitu dengan pemodelan proses bisnis menggunakan Metode Business Process Modelling and Notation. Proses bisnis dibuat untuk menghasilkan As-Is Model sehingga bisa menciptakan To-Be Model atau model yang lebih baik. Tahapan yang dilakukan dengan cara mengidentifikasi proses bisnis yang terjadi, arsitektur proses, proses discovery, sehingga terciptanya final As-Is Model. Kemudian dianalisa menggunakan Waste Analysis, Value Added Analysis, Issue Register, Pareto Diagram, Why Why Diagram dan Devil’s Quadrangle Analysis. Melakukan proses redesign yang diperoleh 5 proses redesign, sampai terbentuknya final To-Be Model. Dari hasil analisa perbedaan As-Is Model dan To-Be Model pada pemasangan sambungan baru dan pemasangan sambungan kembali menunjukkan bahwa terdapatnya perbedaan antara biaya, kualitas dan fleksibilitas yang lebih baik, kemudian aktivitas yang terdapat pada pemasangan sambungan baru dari 81 aktivitas menjadi 66 aktivitas dan pemasangan sambungan kembali dari 61 menjadi 40 aktivitas.

Kata kunci: PDAM Tirta Daroy, Pemodelan, Proses Bisnis, BPMN, Bizagi Modeller.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK