//

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Deska Alza Maizara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : upaya guru BK mengembangkan karakter kemandirian Penelitian ini berjudul “Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan hambatan guru BK dalam mengembangkan karakter kemandirian siswa. Metode penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 4 Banda Aceh dengan responden penelitian ketiga guru BK. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan ceklis. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyusun data, menghubungkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK mengembangkan karakter kemandirian siswa melalui berbagai kegiatan di sekolah seperti masa orientasi siswa, ekstrakulikuler dan kegiatan kelompok. Selain itu guru BK mengembangkan karakter kemandirian siswa dengan melaksanakan berbagai layanan konseling yang bersifat pencegahan, pengentasan/perbaikan, dan pengembangan. Dari hasil ceklis menunjukkan bahwa masih ada siswa yang belum mandiri, upaya yang dilakukan guru BK adalah dengan memberikan bimbingan dan arahan agar siswa mempunyai konsep diri yang positif, rasa percaya diri yang tinggi dan membantu siswa agar mampu mengembangkan potensi yang dimiliki.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILANKOMUNIKASI SISWA PADA SMPN KOTA BANDA ACEH (Riski Febriadi, 2018)

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (M. Ramzi, 2018)

MEKANISME PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING YANG DILAKUKAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI MASALAH SISWA DI SEKOLAH(SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH) (RAIZATUNNISA, 2014)

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Safiatul Husna, 2014)

PROFIL GURU BK TERSERTIFIKASI DALAM PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI BANDA ACEH (Rina Mauliza, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy