//

PERANCANGAN ULANG TATA LETAK GUDANG LOGISTIK BENCANA MENGGUNAKAN DEDICATED STORAGE DAN PENDEKATAN SIMULASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khadijatuzzahro Al Arifiyyah Aritonang - Personal Name

Abstrak/Catatan

Badan Penanggulangan Bencana Aceh merupakan badan pemerintah tingkat provinsi yang secara khusus dibentuk untuk mengatasi penanggulangan bencana baik pra bencana, saat bencana maupun paska bencana. Sebagai badan pemerintahan, saat ini gudang logistik bencana memiliki tata letak yang tidak sesuai. Peletakan logistik yang ditempatkan secara sembarangan serta penempatan mobil dan peralatan logistik yang tidak sesuai dengan pedoman pergudangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Oleh sebab itu perlu dilakukan perancangan ulang tata letak gudang dengan tujuan meminimumkan jarak dan waktu pada saat proses pengiriman logistik ke daerah. Perancangan tata letak gudang logistik bencana dilakukan dengan menggunakan metode dedicated storage dan pendekatan simulasi. Dedicated storage menghasilkan perangkingan nilai throughput yang akan digunakan sebagai acuan dalam meletakkan logistik pada tata letak usulan, logistik dengan nilai throughput tertinggi akan diletakkan pada area dengan jarak terkecil ke mobil logistik begitu juga dengan logistik yang memiliki nilai throughput terendah akan diletakkan pada area yang memiliki jarak terjauh dengan mobil logistik . Hasil perbandingan yang dilakukan antara nilai total momen perpindahan tata letak awal dan tata letak usulan menunjukkan bahwa nilai total momen perpindahan tata letak usulan lebih baik sebesar 12,5% per tahun dibandingkan tata letak awal. Selanjutnya, tata letak awal dan tata letak usulan disimulasikan menggunakan software ProModel student version 2016 untuk melihat perbandingan waktu simulasinya dan menghasilkan selisih 33 menit lebih cepat tata letak usulan dibandingkan tata letak awal. Kata Kunci : Tata Letak, Gudang Logistik, Dedicated Storage, Simulasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG PENYIMPANAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE (STUDI KASUS PT BINA USAHA PRATAMA KAJHU ACEH BESAR) (Arif Rahman, 2016)

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN ALGORITMA CORELAP DAN SIMULASI (STUDI KASUS: PT. DENDENG ACEH GUNUNG SEULAWAH) (MUHAMMAD ADIB N, 2017)

PENENTUAN LOKASI GUDANG DAN RUTE DISTRIBUSI LOGISTIK BENCANA DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN ALGORITMA INSERTIAN HEURISTIC (Erni Listyowati, 2018)

PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG PENYIMPANAN BARANG MENGGUNAKAN METODE CLASS BASED STORAGE (STUDI KASUS: PT POS INDONESIA, KUTA ALAM BANDA ACEH) (Ulil Aidi, 2017)

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LOGISTIK BENCANA PADA DINAS SOSIAL ACEH MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (CI) (Rusdi Agustiar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy