PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 DARUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 DARUSSALAM


Pengarang

Fadli - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104060031

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.801 9

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal orangtua dan anak, Kepercayaan diri siswa
Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap orang menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal ataupun nonverbal. Komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi yang hanya dua orang yaitu orangtua dan anaknya, dengan harapan dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak disekolah. Ternyata berbeda dengan kondisi yang ada disekolah, bahwa masih ada siswa yang kurang kepercayaan diri, tidak berani tampil kedepan, menyontek saat ujian, menarik diri dari lingkungan, tidak yakin atas kemampuan sendiri dan sebagainya yang dapat menghambat kegiatan dalam studi anak. Hal ini dapat diperkirakan ada kaitanya dengan komunikasi interpersonal orangtua dan anak terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menguraikan tentang pengaruh komunikasi interpersonal orangtua dan anak terhadap kepercayaan diri siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh komunikasi interpersonal orangtua dan anak terhadap kepercayaan diri siswa, dan untuk mengetahui aspek-aspek komunikasi interpersonal dan anak yang manakah yang signifikan mempengaruhi kepercayaan diri siswa pada SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa keles VII, VIII, IX sebanyak 71 siswa dari 250 siswa/i. Metode dan pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal orangtua dan anak terhadap kepercayaan diri siswa dengan nilai thitung > ttabel (9,330>1,995). Berdasarkan hasil penelitian, komunikasi interpersonal orangtua dan anak yang berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa adalah aspek keterbukaan (oppenness) dengan nilai t hitung (5,546 > 1,995), aspek empati (empathy) dengan nilai t hitung (6,968 > 1,995), aspek sikap mendukung (positiveness)dengan nilai t hitung (5,446 > 1,995), aspek sikap positif (positiveness) dengan nilai t hitung (7,676 > 1,995), aspek kesetaraan (equality) dengan nilai t hitung (4,547 > 1,995). Aspek komunikasi interpersonal yang relatif paling signifikan yang mempengaruhi kepercayaan diri anak adalah aspek sikap positif orangtua terhadap anaknya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK