//

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fadli - Personal Name
SubjectCOMMUNICATION
STUDENT PSYCHOLOGY
STUDENT GUIDANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal orangtua dan anak, Kepercayaan diri siswa Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap orang menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal ataupun nonverbal. Komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi yang hanya dua orang yaitu orangtua dan anaknya, dengan harapan dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak disekolah. Ternyata berbeda dengan kondisi yang ada disekolah, bahwa masih ada siswa yang kurang kepercayaan diri, tidak berani tampil kedepan, menyontek saat ujian, menarik diri dari lingkungan, tidak yakin atas kemampuan sendiri dan sebagainya yang dapat menghambat kegiatan dalam studi anak. Hal ini dapat diperkirakan ada kaitanya dengan komunikasi interpersonal orangtua dan anak terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menguraikan tentang pengaruh komunikasi interpersonal orangtua dan anak terhadap kepercayaan diri siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh komunikasi interpersonal orangtua dan anak terhadap kepercayaan diri siswa, dan untuk mengetahui aspek-aspek komunikasi interpersonal dan anak yang manakah yang signifikan mempengaruhi kepercayaan diri siswa pada SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa keles VII, VIII, IX sebanyak 71 siswa dari 250 siswa/i. Metode dan pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal orangtua dan anak terhadap kepercayaan diri siswa dengan nilai thitung > ttabel (9,330>1,995). Berdasarkan hasil penelitian, komunikasi interpersonal orangtua dan anak yang berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa adalah aspek keterbukaan (oppenness) dengan nilai t hitung (5,546 > 1,995), aspek empati (empathy) dengan nilai t hitung (6,968 > 1,995), aspek sikap mendukung (positiveness)dengan nilai t hitung (5,446 > 1,995), aspek sikap positif (positiveness) dengan nilai t hitung (7,676 > 1,995), aspek kesetaraan (equality) dengan nilai t hitung (4,547 > 1,995). Aspek komunikasi interpersonal yang relatif paling signifikan yang mempengaruhi kepercayaan diri anak adalah aspek sikap positif orangtua terhadap anaknya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH (Ruhmiyani, 2018)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBINAAN MORAL REMAJA DI SEKOLAH (STUDI TERHADAP GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 8 DARUSSALAM BANDA ACEH) (Fahmi Ramadhan, 2018)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KORBAN SCHOOL BULLYING DENGAN TEMAN SEKOLAH (STUDI FENOMENOLOGI DAMPAK SCHOOL BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 6 BANDA ACEH) (NUR HIDAYANTI PUTRI D, 2016)

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH) (Rozziana, 2014)

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA-ANAK DENGAN KONFORMITAS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH (Remita Sara, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy