//

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 03 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DESI MAHARA REZEKI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rezeki, Desi Mahara. 2018. Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa Pada Proses Pembelajaran di Kelas V SD Negeri 03 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Tursinawati, S.Pd.I, M.Pd., (2) Drs. Fauzi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Sikap Ilmiah, Proses Pembelajaran Sikap ilmiah merupakan cara berfikir seorang ilmuan untuk mengambil, menerima dan menolak hasil temuan dengan cara berfikir sesuai dengan keilmuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengembangkan sikap ilmiah siswa pada proses pembelajaran di kelas V SD Negeri 03 Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru kelas V SD Negeri 03 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan sikap ilmiah siswa pada proses pembelajaran di kelas V SD Negeri 03 Kota Banda Aceh secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari lima aspek kemampuan guru dalam mengembangkan sikap ilmiah siswa yaitu memperlihatkan contoh sikap ilmiah, penguatan positif terhadap sikap ilmiah, memberikan kesempatan untuk pengembangan sikap ilmiah, mendiskusikan tingkah laku yang berhubungan dengan sikap ilmiah dan membimbing siswa dalam berdiskusi untuk mengembangkan sikap ilmiah. Adapun indikator yang belum terlaksana meliputi berdiskusi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang diberikan guru, memecahkan masalah yang besifat logis/ ilmiah, membimbing siswa menjaga alat dan bahan yang dilakukan dalam praktikum/ penyelidikan, dan proses pembelajaran, membimbing siswa selalu berfikir sebelum bertindak, membimbing siswa pantang mundur dalam menemukan jawaban dari pertanyaan yang ingin diperoleh siswa dari proses belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI UNGGULLAMPEUNEURUT ACEH BESAR (ILSADIATI, 2017)

PENANAMAN SIKAP SOSIAL OLEH GURU PKN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 2,8 DAN 9 KOTA BANDA ACEH (Rismawati, 2016)

KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 14 BANDA ACEH (Yuni Zuhera, 2016)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU PADA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (AMIRUDDIN, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ILMIAH SISWA (Titin Suhara, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy