//

PEMBERITAAN MUSLIM CYBER ARMY DI MEDIA ONLINE (ANALISIS FRAMING TERHADAP REPUBLIKA ONLINE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Afif - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pada tanggal 27 Februari 2018, Ditsiber Bareskrim Polri menangkap secara terpisah anggota dari kelompok Muslim Cyber Army. Peristiwa ini tentunya tidak luput dari pemberitaan media nasional termasuk Republika.co.id sebagai salah satu media online besar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian pemberitaan Muslim Cyber Army di Republika.co.id. Periode pemberitaan ini dimulai dari tanggal 27 Februari 2018 hingga 1 Maret 2018. Peneliti ini menganalisis berita di Republika.co.id. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman, dengan menjabarkan bagaimana media online membingkai atau mengkonstruksi berita melalui Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation. Hasil analisis menunjukkan bahwa Republika.co.id cenderung merekomendasikan penyelesaian dengan cara pihak kepolisian terus mengungkapkan fakta sebenarnya, menangkap dan menindak anggota Muslim Cyber Army (MCA). Republika.co.id menawarkan penyelesaian dengan menindak kelompok serupa yang juga aktif menebar kebencian di media sosial. Republika.co.id juga menawarkan penyelesaian dengan mengedukasi masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial. Kata Kunci: Media Online, analisis framing, Republika.co.id.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER (LGBT) PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID DAN TEMPO.CO (Murti Ali Lingga, 2018)

PENERAPAN SYARIAT ISLAM DI ACEH DALAM KONSTRUKSI PEMBERITAAN MEDIA NASIONAL (STUDI KOMPARATIF TERHADAP PEMBERITAAN REPUBLIKA ONLINE DAN OKEZONE) (Aljuanda, 2017)

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS PEMERKOSAAN OLEH REYNHARD SINAGA DI MEDIA ONLINE KOMPAS DAN THE GUARDIAN (LIA CAESARINA, 2021)

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN IKLAN BANNER DI MALAYSIA “PECAT TENAGA KERJA INDONESIA” DI SITUS BERITA TEMPO.CO DAN DETIK.COM (Cut Melia Putri, 2016)

PEMBINGKAIAN BERITA DEBAT CAPRES DAN CAWAPRES TAHUN 2019 DALAM SURAT KABAR KOMPAS DAN REPUBLIKA (AGUS RAMADHAN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy