PEMBERITAAN MUSLIM CYBER ARMY DI MEDIA ONLINE (ANALISIS FRAMING TERHADAP REPUBLIKA ONLINE) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PEMBERITAAN MUSLIM CYBER ARMY DI MEDIA ONLINE (ANALISIS FRAMING TERHADAP REPUBLIKA ONLINE)


Pengarang

Muhammad Afif - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1110102010001

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Pada tanggal 27 Februari 2018, Ditsiber Bareskrim Polri menangkap secara terpisah anggota dari kelompok Muslim Cyber Army. Peristiwa ini tentunya tidak luput dari pemberitaan media nasional termasuk Republika.co.id sebagai salah satu media online besar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian pemberitaan Muslim Cyber Army di Republika.co.id. Periode pemberitaan ini dimulai dari tanggal 27 Februari 2018 hingga 1 Maret 2018. Peneliti ini menganalisis berita di Republika.co.id. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman, dengan menjabarkan bagaimana media online membingkai atau mengkonstruksi berita melalui Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation. Hasil analisis menunjukkan bahwa Republika.co.id cenderung merekomendasikan penyelesaian dengan cara pihak kepolisian terus mengungkapkan fakta sebenarnya, menangkap dan menindak anggota Muslim Cyber Army (MCA). Republika.co.id menawarkan penyelesaian dengan menindak kelompok serupa yang juga aktif menebar kebencian di media sosial. Republika.co.id juga menawarkan penyelesaian dengan mengedukasi masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial.

Kata Kunci: Media Online, analisis framing, Republika.co.id.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK