ANALISIS SIFAT KIMIA TANAH SAWAH YANG MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK DAN PUPUK ANORGANIK DI DESA KRUENG LAMKAREUNG KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS SIFAT KIMIA TANAH SAWAH YANG MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK DAN PUPUK ANORGANIK DI DESA KRUENG LAMKAREUNG KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Azhari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1105101050067

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Azhari 1105101050067. Analisis Sifat Kimia Tanah Sawah yang Menggunakan Pupuk Organik dan Pupuk Anorganik di Desa Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Di bawah bimbingan Nazir sebagai ketua dan Zuraida sebagai anggota

RINGKASAN




Tanah sawah didefinisikan sebagai tanah yang digunakan untuk bertanam padi sawah yang digenangi, baik terus-menerus sepanjang tahun maupun bergiliran dengan tanaman palawija. Ciri khas tanah sawah antara lain memiliki lapisan oksidasi di bawah permukaan air akibat difusi O2 setebal 0-1 cm, lapisan reduksi setebal 25-30 cm dan diikuti lapisan bajak yang kedap air.
Luas lahan sawah di Indonesia sekitar 8.132.345 ha, luas lahan sawah terdegradasi mencapai 4.477.459 ha, dimana seluas 1.777.679 ha mengalami degradasi berat dan sisanya terdegradasi ringan-sedang. Luas lahan sawah Kabupaten Aceh Besar sekitar 19.454 ha dan luas lahan Kecamatan Indrapuri sekitar 2.323 ha. Sawah-sawah tersebut dikelola sebagian besar dengan menggunakan pupuk anorganik.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang sifat kimia tanah sawah yang menggunakan pupuk organik dan pupuk anorganik di Desa Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan metode survai deskriptif dan analisis laboratorium. Riwayat penggunaan pupuk pada sawah tersebut diperoleh berdasarkan wawancara langsung dengan petani pada saat observasi lapangan.
Sifat-sifat kimia tanah sawah yang diberikan pupuk anorganik menunjukkan kadar pH netral. C-organik, N-total, P-total, K-total, KTK dan K-dd tergolong rendah, Fe tergolong sedang, P-tersedia, Ca-dd, KB tergolong tinggi dan Mg-dd memiliki kriteria sangat tinggi. Sifat-sifat kimia tanah sawah yang yang diberikan pupuk organik menunjukkan pH netral, K-total dan Fe tergolong sangat rendah. C-organik, N-total, P-total, dan K-dd tergolong rendah. P tersedia dan Mg-dd tergolong sedang, KB dan Ca-dd tergolong tinggi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK