//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mita Prancinitia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Prancinitia, Mita. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation dan Problem Based Learning Dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Abdul Wahab, M.Si., (2) Daska Azis. S.Pd, MA. Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, group investigation, problem based learning, geografi Model pembelajaran adalah suatu perencanaan yang digunakan oleh guru untuk mengorganisasi pembelajaran di kelas. Diantara beberapa model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Group Investigation dan Problem Based Learning yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran melalui kerjasama, menyampaikan pendapat dan mempresentasikan hasil kerja di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah hasil belajar geografi mengunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran geografi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 69 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya dua Kelas yakni Kelas XI IPS-1 sebanyak 24 siswa dan Kelas XI IPS-2 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = -0,65 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan 0,05% dan dk = 46, artinya thitung < ttabel sehingga Ha ditolak. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation adalah sama dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSION DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MAULIDIN, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS SMAN 11 BANDA ACEH (MENALDI ROZAIK, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (NURUL HUSNA, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM POSING DAN PROBING PROMPTING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 TAKENGON (Erdini Susanti, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy