PENGEMBANGAN LKS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN LKS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS


Pengarang

Nana Istiana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200100025

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Istiana, Nana. 2016. Pengembangan LKS Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Ramli, M.Pd., (2) Prof. Dr. Halim Majid, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan, LKS, bahasa, sastra

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS bahasa dan sastra Indonesia dan mengetahui keefektifan LKS yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R/D). Tahap-tahap yang digunakan meliputi (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap studi pengembangan, dan (3) tahap evaluasi. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa di MTs Negeri 1 Ulee Gle. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, diskusi dengan pakar, wawancara mendalam, tes kompetensi. Teknik analisis data dilakukan dengan menguji normalitas, homogenitas, dan uji beda nilai rata-rata pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kebutuhan LKS dapat dikatakan sesuai dengan konteks bahasa untuk berbagai ragam dan tujuan berbahasa, mengikuti perkembangan zaman, sesuai dengan KTSP, kesesuaian penggunaan LKS guru dengan siswa, tugas/latihan dapat membuat siswa aktif, materi yang disajikan dapat menarik minat siswa, jelas, dan mudah dipahami, serta sesuai dengan kondisi sekolah yang minimal; (2) LKS bahasa dan sastra Indonesia yang dikembangkan berisi silabus dan RPP, materi dan tugas diuraikan secara jelas, dan proses penilaian dilakukan dengan penilaian kelas; (3) hasil uji keefektifan LKS menunjukkan bahwa (a) Ho Diterima dan kedua data tersebut berdistribusi normal, (b) Ho diterima dan kedua data tersebut Homogen, dan (c) Ho ditolak. Oleh karena itu, ada perbedaan signifikan nilai hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol; (4) hasil kelayakan bahan ajar dikatakan baik, hal ini terlihat dari nilai postes siswa kelas eksperimen yang rata di atas KKM. Dengan demikian, LKS bahasa dan sastra Indonesia yang telah dikembangkan dapat diterima dan layak untuk digunakan.

?
ABSTRACT

Istiana, Nana. 2016. Developing Indonesian Language and Literature Worksheet for VIII Grade Junior High School Students. Thesis. Magister of Indonesian Language and Literature Education. Graduate Program of Syiah Kuala University. Supervisor (1) Dr. Ramli, M.Pd., (2) Prof. Dr. Halim Majid, M.Pd.

Keywords: development, Student Worksheet, Language, Literature
This study intended to develop Indonesian Language and Literature worksheet for students and to measure its effectiveness. The research method used was Research and Development (R/D). The study was done through several stages i.e. (1) preliminary research stage, (2) development stage, and (3) evaluation stage. The source of data in this study was teachers and students at MTS (Islamic Junior High School) 1 Ulee Gle. The data was collected by conducting observation, consultation with experts, in-depth interview, and competency test. The data analysis techniques employed include normality test, homogeneity test, and pretest and posttest disparity test. The results showed that (1) the importance of learning material showed (a) language context for various types of and purposes of language, (b) up to date, (c) in accordance with KTSP (School-Based Curriculum) by applying themes of surrounding environment, (d) relevance of worksheet to students and teachers, (e) tasks/exercise can activate students, (f) the material is clear, easy to understand, and interesting for students, and (g) relatively ready to use even for schools with minimum access; (2) developing students worksheet was done by: (a) designing syllabus and lesson plans, (b) elaborating clear material and exercise, (c) conducting class evaluation; (3) the results of effectiveness measurement indicated that (a) Ho is accepted and both of the data had normal distribution, (b) Ho is accepted and both of the data were homogeneous, and (c) Ho is rejected, suggesting that there is significant difference between students’ score in the experimental group and control group; (4) the feasibility of learning material is categorized as good. Thus, the designed Indonesian Language and Literature worksheet can be accepted and is feasible to be used.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK