//

TEKNOLOGI PERTANIAN DAN DINAMIKA HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT TANI GAMPONG PADANG BAK JUMPA KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ABDYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUPRIADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pembangunan pertanian merupakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, Oleh karena itu, pembangunan pertanian perlu dikembangkan dan ditingkatka. Peningkatan dibidang pertanian tidak bisa dipisahkan oleh peran teknologi pertanian yang semakin modern. Masyarakat Gampong Padang Bak Jumpa sendiri merupakan salah satu Gampong yang terus berkembang kearah pertanian yang berbasis teknologi. Perkembangan teknologi dibidang pertanian dalam masyarakat petani mempengaruh perubahan sosial dalam masyarakat, perubahan tersebut berdampak terhadap dinamika hubungan sosial, kearifan lokal serta nilai-nilai dan norma-norma dalam masyarakat. Maka peneliti ingin mengetahui dampak teknologi pertanian terhadap dinamika hubungan sosial dalam masyarakat petani. Untuk menjawab penelitian ini peneliti mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk menganalisi masalah ini, peneliti mengunakan Teori Modernisasi yang dikembangkan Alex inkles. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data mengunakan metode purposive sampling. Analisis data meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan ataupun verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan pertama dinamika hubungan sosial dalam masyarakat petani disebabkan oleh: pengunaan teknologi pertanian yang bersipat praktis telah menyebabkan berkuranya peran manusia dalam sektor pertanian yang menyebabkan hilangnya kegiatan saling membantu serta terjadinya perubahan peran. Kedua pergantian peran mesin dalam sektor pertanian telah menghilangkan lapangan kerja sebagian masyarakat. Kata Kunci: Dinamika, Modernisasi, Pertanian.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONFLIK PERBATASAN DI KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (STUDI KASUS ANTARA GAMPONG PADANG BAK JEUMPA, GAMPONG GUNONG CUT, DAN PADANG HARAPAN) (FELI YULIDA, 2016)

PENGARUH TEKNOLOGI PERTANIAN TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL (STUDI PADA MASYARAKAT PETANI PADI DI GAMPONG KEUMUMU HILIR, KECAMATAN LABUHANHAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN) (Nova Hidayanti, 2020)

KONTRJBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN BURUH TANI PISANG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DIKECAMATAN PADANG TIJI KAB UPATEN PIDIE (Nadya Aiza Hikmah, 2020)

PERANAN PEMERINTAH GAMPONG UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (Mistahul Akmal, 2021)

PEMANFAATAN TEMPURUNG KELAPA UNTUK PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DI USAHA BATOK CRAFT ABDYA (NANA SURIANA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy