//

PENGEMABANGAN APLIKASI GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF KIMIA DI UNIVERSITAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Isfin Cahyani Putri - Personal Name
SubjectCOMPUTER PROGRAMMING-MULTIMEDIA SYSTEM
GAMES -COMPUTER
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Media Pembelajaran Alternatif, koloid, android, aplikasi Chem4Fun, Reseacrh and Development (R&D) Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran alternatif berbasis android untuk materi koloid yang memudahkan peserta didik dalam belajar mandiri sambil bermain. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah kuala dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Kimia FKIP Unsyiah yang berjumlah 100 orang yang terdiri dari 4 strarta, yaitu starta 2014, 2015, 2016, dan 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan dalam pengembangan aplikasi Chem4Fun meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dalam tahap pengembangan, aplikasi Chem4Fun terlebih dahulu divalidasi oleh 2 validator ahli dan selanjutnya di uji cobakan dengan membagikan angket System Usability Scale (SUS) kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan media oleh validator ahli materi dan media sebesar 95 % dan persentase penilaian angket SUS terhadap aplikasi Chem4Fun yaitu, 46% responden memberi kriteria “Sangat baik”, 37% memberi kriteria “Baik” dan 17% memberi kriteria “Cukup”. Berdasarkan data-data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Chem4Fun yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran altternatif pada materi koloid.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN SERIOUS GAME “MRG BRIDGE” SEBAGAI PENERAPAN DARI KONSEP EULERIAN CIRCUIT DENGAN TAMPILAN TEKNOLOGI GRAFIK 3D (ALINA DWI IKNATIA, 2019)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT (Anggi Oktarina, 2018)

PENGEMBANGAN GAME PLATFORM BERBASIS WEB PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Muhammad Nurihsan Akbar, 2020)

PENGEMABANGAN APLIKASI GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF KIMIA DI UNIVERSITAS (Isfin Cahyani Putri, 2018)

PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS KIMIA BERBASIS ANDROID SEBAGAI PEMBELAJARAN KIMIA SMA (Zuhrizal Darlatiawan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy