//

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Murdia - Personal Name
SubjectDEPRESION
HEADACHES - MEDICINE

Abstrak/Catatan

Nyeri kepala primer merupakan nyeri kepala berulang secara terus-menerus tanpa ada penyebab yang jelas dan hal ini dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari seperti berpikir, berkonsentrasi dan kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaannya sehingga ada kecenderungan terjadinya depresi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan intensitas nyeri dengan tingkat depresi pada pasien nyeri kepala primer. Penelitian dilakukan pada pasien nyeri kepala primer yang berkunjung ke Poliklinik Saraf RSUDZA Banda Aceh. Metode penelitian ini bersifat studi cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling selama periode 03 Maret – 10 Maret 2014. Intensitas nyeri diukur menggunakan Visual Analogue Scale dan tingkat depresi menggunakan Beck Depression Inventory II. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank Correlation. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 41 responden didapatkan 1 orang (2,4%) nyeri ringan, 32 orang (78%) nyeri sedang, 6 orang (14,6%) nyeri berat dan 2 orang (4,9%) nyeri sangat berat. Didapatkan pula bahwa 4 orang (9,8%) tidak depresi (normal), 5 orang (12,2%) depresi ringan, 24 orang (58,5%) depresi sedang dan 8 orang (19,5%) depresi berat. Hasil uji Spearman Rank Correlation didapatkan p = 0,001. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas nyeri dengan tingkat depresi pada pasien nyeri kepala primer. Kata Kunci: Nyeri Kepala Primer, Intensitas Nyeri, Tingkat Depresi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI KEPALA KRONIS DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN (Dian Nur Pertiwi, 2020)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH (MUHIBBUL HADI, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH (RAISA SAFIRA PUTRI, 2019)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN INTENSITAS NYERI PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH (Dian Mutia, 2017)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN EFIKASI DIRI PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sri Yulia Rizki, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy