PENENTUAN RUTE KENDARAAN HETEROGEN MENGGUNAKAN ALGORITMA SIMULATED ANNEALING (STUDI KASUS: PT. BINA USAHA PRATAMA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENENTUAN RUTE KENDARAAN HETEROGEN MENGGUNAKAN ALGORITMA SIMULATED ANNEALING (STUDI KASUS: PT. BINA USAHA PRATAMA)


Pengarang

Rizky Novatama - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1404106010009

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Permasalahan transportasi sangat penting karena dapat menimbulkan biaya logistik yang sangat besar. Salah satu cara untuk menekan biaya transportasi adalah dengan menentukan rute kendaraan, hal ini dikenal dengan istilah Vehicle Routing Problem. PT. Bina Usaha Pratama merupakan distributor resmi Unilever yang memiliki tugas untuk mendistribusikan produk ke beberapa pelanggan di Banda Aceh dan sekitarnya. Saat melakukan proses distribusi PT. Bina Usaha Pratama menggunakan 2 jenis kendaraan dengan kapasitas dan biaya operasional yang berbeda, hal ini sama dengan salah satu varian Vehicle Routing Problem, yaitu Heterogeneous Fleet Vehicle Routing Problem. Penentuan rute kendaraan dilakukan dengan 3 metode, yaitu metode analitik dengan menggunakan model matematis, metode heuristik dengan menggunakan algoritma Insertion Heuristic, dan metode metaheuristik dengan menggunakan algoritma Simulated Annealing. Hasil yang didapatkan yaitu algoritma Simulated Annealing merupakan algoritma yang paling relevan dalam menyelesaikan kasus yang diteliti, karena algoritma ini mampu memperoleh solusi yang paling optimal dibandingkan metode lainnya dengan waktu komputasi sangat singkat yaitu 19,27 detik dan algoritma Simulated Annealing yang dirancang dapat meningkatkan solusi 20,18% dari solusi penelitian sebelumnya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK