//

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS PEMBANGUNAN MALL SUZUYA DI JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI – BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAJIR, S.T - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS PEMBANGUNAN MALL SUZUYA DI JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI – BANDA ACEH) Oleh : Muhajir NIM. 1109200060100 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. M. Isya, MT 2. Dr. Renni Anggraini, ST, M.Eng ABSTRAK Pengembangan kawasan di Kota Banda Aceh dewasa ini dipandang cukup pesat sejalan dengan perkembangan tuntutan masyarakat terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk kegiatan dan atau usaha terkait dengan perkantoran, pusat perbelanjaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Sehubungan dengan dibangunnya gedung Mall Suzuya, akan berpengaruh terhadap kinerja lalu-lintas yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut, apalagi lokasi studi merupakan kawasan yang sering terjadi kemacetan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dampak kinerja ruas jalan di sekitar Mall Suzuya sebelum dan sesudah mall dioperasikan. Kinerja lalu lintas dihitung berdasarkan data primer dan data sekunder dengan pedoman MKJI 1997. Pelaksanaan survey dilakukan selama 3 hari yaitu mulai dari hari Sabtu 5 Oktober 2013 sampai dengan hari Senin 7 Oktober 2013. Wilayah survey diambil dalam tiga segmen, masing-masing segmen terdiri dari dua arah yaitu arah lhoknga dan arah kota. Segmen 1 dimulai dari simpang jalan Sultan Malikulsaleh sampai dengan Rumah Sakit Harapan Bunda, Segmen 2 dimulai dari Rumah Sakit Harapan Bunda sampai dengan ujung U-Turn tepatnya di depan gedung Mall Suzuya, sedangkan Segmen 3 dimulai dari depan Mesjid Teuku Umar sampai dengan Simpang kantor PU. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan volume lalu lintas eksisting yang terbesar terjadi pada segmen 2 sebesar 2.604 smp/jam (arah lhoknga) dan 2.640 smp/jam (arah kota), sedangkan volume lalu lintas yang terbesar pada saat Mall Suzuya beroperasi yaitu pada segmen 2 sebesar 2.957 smp/jam (arah lhoknga) dan 2.994 smp/jam (arah kota), maka dengan beroperasinya Mall Suzuya jalan Teuku Umar akan terbebani sebesar 353 smp/jam atau 13,56% untuk arah lhoknga, sedangkan untuk arah kota akan terbebani sebesar 354 smp/jam atau 13,41%. Jumlah volume tarikan Mall Suzuya pada saat beroperasi diperkirakan sebesar 939 smp/jam, volume ini didapat dari volume pengunjung Mall Hermes Palace Banda Aceh dengan perbandingan atau rasio luas bangunan. Kata kunci : Kinerja lalau lintas, Tingkat pelayanan, Dampak lalu lintas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS PEMBANGUNAN MALL SUZUYA DI JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI – BANDA ACEH) (MUHAJIR, S.T, 2014)

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR SETELAH BEROPERASI SUZUYA MALL BANDA ACEH (HARITS FEBIRANDA, 2018)

EVALUASI KARAKTERISTIK KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI SUZUYA MALL KOTA BANDA ACEH. (JUMADIN, 2017)

EVALUASI KESELAMATAN LALU LINTAS PADA JALAN PERKOTAAN(STUDI KASUS : JALAN TEUKU UMAR DAN JALAN TGK. CHIK DITIRO, BANDA ACEH) (KHAIRUN, 2014)

PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (YUSMADI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy