//

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hesti Arianti - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
COMMUNICATION IN TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hesti Arianti (2018). Perkembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficacy Siswa melalui Pendekatan Problem Solving. Kemampuan komunikasi matematis siswa masih sangat terbatas, siswa hanya mampu memberikan jawaban verbal pendek atas berbagai pertanyaan yang diajukan oleh guru. Selain itu dalam proses pembelajaran siswa tidak mempunyai sikap percaya diri atas kemampuan yang dimilikinya, sehingga mereka tidak bisa melakukan interaksi dengan baik. Salah satu cara agar kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa dapat mengalami perkembangan adalah melalui pembelajaran dengan pendekatan problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem solving dan (2) self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII-1 MTsN Tungkop Banda Aceh yang terdiri dari 6 siswa untuk melihat perkembangan kemampuan komunikasi matematis dan 34 siswa siswa untuk melihat perkembangan self efficacy siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematis selama proses pembelajaran dengan pendekatan problem solving berupa hasil latihan individual dan instrumen yang digunakan untuk memperoleh data self efficacy siswa berupa angket. Analisis data hasil latihan individual kemampuan komunikasi matematis menggunakan hasil tes dan hasil wawancara dengan metode deskriptif kualitatif, dan hasil angket self efficacy dianalisis menggunakan skala likert dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pendekatan problem solving pada materi Luas dan Keliling Segiempat mengalami perkembangan untuk siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah disetiap indikator serta self efficacy siswa sesudah pembelajaran dengan pendekatan problem solving juga mengalami perkembangan secara klasikal. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat terus memberikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis pada siswa, sehingga kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa kedepannya akan menjadi lebih baik. Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Self efficacy, Pendekatan problem solving. v

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

THE APPLICATION OF TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) METHOD IN TEACHING LISTENING SKILL TO ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS (Desi Adliyanti, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy