PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DARI KELUARGA YANG BERCERAI SERTA USAHA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANINYA (SUATU PENELITIAN PADA YAYASAN AL-IKHLAS HIDAYATULLAH ACEH BESAR) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DARI KELUARGA YANG BERCERAI SERTA USAHA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANINYA (SUATU PENELITIAN PADA YAYASAN AL-IKHLAS HIDAYATULLAH ACEH BESAR)


Pengarang

Nadia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104060051

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata kunci: Penyesuaian Sosial Siswa, Keluarga yang Bercerai, Usaha Guru BK dalam Menanganinya

Penelitian yang berjudul “Penyesuaian Sosial Siswa dari Keluarga yang Bercerai serta Usaha Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menanganinya (Suatu Penelitian pada Yayasan Al-Ikhlas Hidayatullah Aceh Besar)” ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penyesuaian sosial pada siswa dari keluarga yang bercerai dan mengetahui usaha yang dilakukan oleh guru BK dalam menangani penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa dari keluarga yang bercerai dan 1 orang guru BK. Sedangkan objek penelitian adalah penyesuaian sosial siswa dari keluarga yang bercerai. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bentuk penyesuaian sosial pada siswa dari keluarga yang bercerai dapat dilihat dari berbagai hal, di antaranya senang berkumpul dengan temannya sekelas, saling bercerita dan bercanda, curhat, mengobrol dengan teman sekelas dan mengerjakan tugas kelompok bersama-sama. Namun ada juga siswa yang jarang berkumpul dengan temannya, karena sibuk membuat PR/tugas, risih, fokus dengan pelajaran, tidak suka bergaul, tidak akrab, pendiam, tidak suka bermain, suka menyendiri dan tidak suka berteman. Usaha yang dilakukan oleh guru BK dalam menangani penyesuaian sosial siswa yaitu dengan memberikan layanan konseling individual dan kelompok, bimbingan sosial, bimbingan agama, bimbingan kelompok dan bimbingan informasi. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru BK untuk lebih serius menangani siswa yang memiliki masalah penyesuaian sosial dengan menggunakan berbagai macam layanan dan pendekatan yang lebih tepat, yang bertujuan untuk menunjukkan kemandirian diri siswa.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK