//

PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DARI KELUARGA YANG BERCERAI SERTA USAHA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANINYA (SUATU PENELITIAN PADA YAYASAN AL-IKHLAS HIDAYATULLAH ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Penyesuaian Sosial Siswa, Keluarga yang Bercerai, Usaha Guru BK dalam Menanganinya Penelitian yang berjudul “Penyesuaian Sosial Siswa dari Keluarga yang Bercerai serta Usaha Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menanganinya (Suatu Penelitian pada Yayasan Al-Ikhlas Hidayatullah Aceh Besar)” ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penyesuaian sosial pada siswa dari keluarga yang bercerai dan mengetahui usaha yang dilakukan oleh guru BK dalam menangani penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa dari keluarga yang bercerai dan 1 orang guru BK. Sedangkan objek penelitian adalah penyesuaian sosial siswa dari keluarga yang bercerai. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bentuk penyesuaian sosial pada siswa dari keluarga yang bercerai dapat dilihat dari berbagai hal, di antaranya senang berkumpul dengan temannya sekelas, saling bercerita dan bercanda, curhat, mengobrol dengan teman sekelas dan mengerjakan tugas kelompok bersama-sama. Namun ada juga siswa yang jarang berkumpul dengan temannya, karena sibuk membuat PR/tugas, risih, fokus dengan pelajaran, tidak suka bergaul, tidak akrab, pendiam, tidak suka bermain, suka menyendiri dan tidak suka berteman. Usaha yang dilakukan oleh guru BK dalam menangani penyesuaian sosial siswa yaitu dengan memberikan layanan konseling individual dan kelompok, bimbingan sosial, bimbingan agama, bimbingan kelompok dan bimbingan informasi. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru BK untuk lebih serius menangani siswa yang memiliki masalah penyesuaian sosial dengan menggunakan berbagai macam layanan dan pendekatan yang lebih tepat, yang bertujuan untuk menunjukkan kemandirian diri siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SISWA DAN UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DA LAM MENANGANINYA (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH) (Muhammad Izal, 2018)

PARTISIPASI SISWA DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (Munirayati, 2018)

SISTEM LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP SISWA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA (SUATU PENELITIAN DI SMK KOTA BANDA ACEH) (Susiana, 2014)

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MTSN RUKOH BANDA ACEH (Sri Mutia, 2014)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS X DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH) (Qonita Fitriana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy