IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEJIK DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SDIT AL-FITYAN KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEJIK DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SDIT AL-FITYAN KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Minawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200050031

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEJIK DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SDIT
AL-FITYAN KABUPATEN ACEH BESAR

Oleh : Minawati
NIM : 1409200050031

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.

ABSTRAK

Manajemen stratejik merupakan serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi dan merupakan suatu pendekatan Stratejik isu yang dihadapi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyusunan manajemen stratejik, langkah-langkah yang digunakan dalam pelaksanaan stratejik serta melihat pengawasan terhadap implementasi dari manajemen stratejik dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada SDIT AL Fityan Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan pengawas. Data dianalisis dengan mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penyusunan stratejik diawali dengan menetapkan prosedur perencanaan untuk mengumpulkan data, perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai oleh sekolah, melakukan analisis untuk memperkirakan situasi lingkungan internal dan eksternal, menetapkan kebijakan dasar, perhitungan biaya dan menetapkan prioritas program, 2) Langkah-langkah atau proses yang dilakukan meliputi analisis pada lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Sasaran-sasaran tersebut adalah untuk meningkatkan nilai Ujian Akhir nasional, menciptakan suasana belajar di kelas yang nyaman dan tertib, menciptakan kegiatan ekstrakurikuler yang tertib dan lancar, memiliki program unggulan (tahfizh Al Qur’an), memilki prestasi akademik, memiliki kegiatan keagamaan dan memiliki tim olah raga, mempunyai sanggar kesenian yang mampu berprestasi, 3) Pengawasan dari implementasi stratejik yang merupakan pengawasan atau penilaian serta umpan balik dalam pelaksanaan stratejik yang sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan, serta menjadi pedoman/perbaikan dalam menjalankan segala aktivitasnya dimasa yang akan datang.

Kata Kunci: Manajemen Stratejik dan Mutu Pendidikan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK