//

EVALUASI KESELAMATAN LALU LINTAS PADA JALAN PERKOTAAN(STUDI KASUS : JALAN TEUKU UMAR DAN JALAN TGK. CHIK DITIRO, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRUN - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
TRAFFIC SAFETY
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Seiring dengan pertumbuhan pembangunan yang cepat dan meningkatnya kegiatan perekonomian di Kota Banda Aceh, volume lalu lintas menjadi lebih meningkat, kendaraan parkir tidak beraturan dan tingkat kepatuhan pengendara terhadap rambu-rambu lalu lintas yang rendah. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan, perlu dilakukan suatu evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi titik-titik rawan kecelakaan lalu lintas (blackspot), mengetahui persepsi responden mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas serta mencari solusi alternatif pemecahan masalah keselamatan lalu lintas dari pihak key informant. Evaluasi dilakukan pada ruas jalan dalam Kota Banda Aceh, yaitu Jalan Teuku Umar dan Jalan Tgk. Chik Ditiro. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian dan membagikan kuesioner untuk mengetahui persepsi responden dan key informant. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis data hasil kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa titik blackspot di Jalan Teuku Umar adalah Simpang 3 PU, persimpangan depan Suzuya Mall dan persimpangan depan SPBU Simpang Jam, sedangkan titik blackspot di Jalan Tgk. Chik Ditiro adalah Simpang Kodim, Simpang Peuniti dan Simpang Surabaya. Dari hasil kuesioner user di Jalan Teuku Umar dan Jalan Tgk. Chik Ditiro didapatkan bahwa faktor dominan penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah faktor manusia. Kemudian diikuti oleh faktor jalan, kendaraan dan lingkungan. Berdasarkan hasil kuesioner mengenai solusi pemecahan masalah keselamatan lalu lintas, para pihak key informant setuju untuk melakukan upaya-upaya dalam rangka menjaga keselamatan lalu lintas sesuai dengan tugas dan peran masing-masing.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI TARIKAN PERGERAKAN KE SUZUYA MALL DAN KINERJA LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH (Ratih Citra Dewy Syahrir, 2016)

TINJAUAN FASILITAS PERLENGKAPAN JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (Maizarulhaj, 2019)

SIMULASI ALIRAN LALU LINTAS PADA SEGMEN PENYEMPITAN JALAN DI KORIDOR PEMBANGUNAN FLY OVER SIMPANG SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN VISSIM 8.0 (Aprillia Syara, 2016)

PENGARUH TATA GUNA LAHAN DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS SIMPANG PELOR MEULABOH – ACEH BARAT) (Bambang Tripoli, 2016)

STUDI PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN DAN AUDIT KESELAMATAN JALAN PADA SEGMEN RAWAN KECELAKAAN DI KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (Fadli, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy