APLIKASI AGEN HAYATI MIKORIZA UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT BLAS (PYRICULARIA ORYZAE) PADA BEBERAPA GENOTIPE PADI GOGO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

APLIKASI AGEN HAYATI MIKORIZA UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT BLAS (PYRICULARIA ORYZAE) PADA BEBERAPA GENOTIPE PADI GOGO


Pengarang

Suriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1305101050047

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Aplikasi Agen Hayati Mikoriza untuk Mengendalikan Penyakit Blas (Pyricularia oryzae) pada Beberapa Genotipe padi Gogo

Abstrak. Penyakit blas yang disebabkan oleh jamur Pyricularia oryzae merupakan salah satu penyakit yang menghambat produksi padi gogo. Penelitian ini dilaksanakan di rumah kasa kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini dimulai pada bulan November 2017 sampai Maret 2018. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri atas dua faktor dengan tiga ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Acaulospora sp dan Mikofer tidak berpengaruh dalam menekan perkembangan penyakit pada pengamatan masa inkubasi dan persentase daun terserang namun berpengaruh pada pangamatan keparahan penyakit yang menghasilkan keparahan penyakit blas pada padi gogo yang lebih rendah pada terdapat genotipe Situ Patenggang dan Sibabus yaitu 35,67% dan 33,00% sementara itu keparahan penyakit pada genotipe Simeulu dan Sibahak nyata lebih tinggi yang berturut-turut 40,78% dan 42,51%. Tinggi tanaman tertinggi terdapat pada genotipe Sibabus yaitu 63,00 cm, jumlah anakan maksimum terbanyak dijumpai pada genotipe Sibahak yaitu 23,00. Sedangkan pada umur padi berbunga tercepat dijumpai pada genotipe Sibahak dan Sibabus, jumlah malai per rumpun terbanyak juga dijumpai pada genotipe Sibahak dan Sibabus, persentase gabah bernas tertinggi dijumpai pada genotipe Situ Patenggang, persentase gabah hampa tertinggi dijumpai pada genotipe Sibabus, bobot 100 butir gabah tertinggi dijumpai pada genotipe Situ Patenggang dengan perlakuan Mikofer yaitu 2,87 g yang nyata berbeda dengan genotipe Simeulu Sibahak dan Sibabus yang berturut-turut yaitu 2,65 g, 2,52 g dan 2,17 g. Pada persentase kolonisasi mikoriza tertingi terdapat pada genotipe Sibahak yaitu 26,67% termasuk dalam kategori sedang.
Kata kunci : Blas, Genotipe Padi, Acaulospora sp dan mikofer











Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK