ANALISIS KELAYAKAN USAHA SUSU KAMBING PERAH PERANAKAN ETAWA PADA UD. ATJEH LIVESTOCK DI DESA RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA KABUPATEN ACEH BESA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KELAYAKAN USAHA SUSU KAMBING PERAH PERANAKAN ETAWA PADA UD. ATJEH LIVESTOCK DI DESA RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA KABUPATEN ACEH BESA


Pengarang

RIFANDI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1305002010030

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Manajemen Agribisnis (D3) / PDDIKTI : 54401

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN



Kambing Peranakan Etawa (PE) merupakan komoditas peternakan yang menghasilkan protein hewani yaitu daging dan susu. Dalam kehidupan sehari-hari kambing PE lebih banyak dimanfaatkan susunya. Selain manfaat bagi kesehatan susu kambing juga digunakan sebagai alternatif pengganti bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi. Metode penelitian ini adalah studi kasus. Dimana sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam pemeliharaan kambing perah peranakan etawa pada UD. Atjeh Livestock meliputi pembersihan kandang atau sanitasi, pemerahan susu, pemberian pakan (hijauan dan konsentrat), pemberian air minum, pembesaran dan penanggulangan hama serta penyakit.
Penelitian dilakukan di UD. Atjeh Livestock di Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kabupaten Aceh Besar. UD. Atjeh Livestock didirikan oleh Bapak Bambang Mulia Uama, SPt sejak tahun 2009. Usaha ini telah mendapat izin dari pemerintah Kabupaten Aceh Besar. UD. Atjeh Livestock beralamat di Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kabupaten Aceh Besar.
Proses produksi di UD. Atjeh Livestock memiliki total biaya tetap Rp.9.300.274,- dan total biaya tidak tetap Rp.10.785.000,- maka total biaya produksi susu kambing perah pada UD. Atjeh Livestock berjumlah Rp.20.085.274,-/bulan. Untuk melihat total keuntungan dari penjualan susu kambing perah pada UD. Atjeh Livestock maka total pendapatan atau nilai produksi sebesar Rp.36.000.000,-/bulan lalu dikurangi dengan total biaya produksi sebesar Rp.20.085.274,-/bulan. Dari penjumlahan tersebut maka diperoleh keuntungan pada UD. Atjeh Livestock senilai Rp. 15.914.726,-/bulan. Kelayakan usaha UD. Atjeh Livestock dapat dilihat dari perhitungan R/C Ratio perbulan dengan nilai 1,79 dan usaha kambing perah ini dikatakan layak. Break Even Point volume produksi pada UD. Atjeh Livestock sebesar 885 botol/bulan. Sedangkan untuk Break Even Point Penjualan produksi berjumlah Rp.13.278.201,-/Bulan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK