//

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG DENGAN KEDELAI AKIBAT PENGGUNAAN PEMBENAH TANAH DAN PERBEDAAN POLA TANAM PADA TANAH KAMBISOL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Sukzal - Personal Name
SubjectCORN
CLIMATIC CHANGES - CROP DAMAGE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pembangunan pertanian berkelanjutan di Indonesia terus berkembang secara perlahan agar mempermudah petani dalam berbudidaya sehingga mendapatkan hasil yang terbaik. Kendala dalam meningkatkan produksi ialah sebagian besar lahan di Indonesia merupakan lahan kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akibat penggunaan pembenah tanah terhadap pertumbuhan dan hasil jagung dengan kedelai pada tanah kambisol serta untuk mengetahui interaksi antara pembenah tanah dengan pola tanam terhadap pertumbuhan dan hasil jagung dengan kedelai pada tanah kambisol. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil tanaman jagung dengan kedelai secara pola tanam pada tanah kambisol dengan menggunakan pembenah tanah. Penelitian ini akan dilakukan di Desa Pawuud, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) pola faktorial 5 x 3 dengan 3 ulangan. Adapun faktor yang diteliti yaitu Pupuk organik (A) dan Pola Tanam (S). Faktor pertama adalah Kombinasi Pembenah Tanah (A) : A0 = 400 ha-1 Perlakuan NPK, A1= Biochar 10 ton ha-1, A 2 = Pupuk Kandang 10 ton ha-1, A 3 =Biochar 10 ton ha-1 + NPK 400 kg ha-1, A 4 = Pupuk Kandang 10 ton ha-1 + NPK 400 kg ha-1. Faktor kedua adalah Pola Tanam (S): S1= Monokultur Jagung, S1 = Monokultur Jagung, S3 = Tumpang sari Jagung dan Kedelai. Dengan demikian terdapat 15 kombinasi perlakuan setiap perlakuan sebanyak 3 kali ulangan, sehingga diperoleh 45 satuan percobaan. Dari penlitian ini didapat hasil bahwa pada jagung pembenah tanah berpengaruh nyata terhadap diameter tanaman jagung umur 4 MST, tongkol layak pasar. Pada kedelai berpengruh sangat nyata biji abnormal, potensi hasil. Terdapat interaksi antara pembenah tanah dan pola tanam terhadap tongkol jagung layak pasar dan potensi hasil kedelai.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBENAH TANAH DAN POLA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) DAN KEDELAI (GLYCINE MAX L.) PADA TANAH PODSOLIK (Ridha Arjuna, 2017)

PENGARUH PEMBENAH TANAH DAN SISTEM TANAM TERHADAP KETERSEDIAAN HARA DAN PRODUKSI KEDELAI DAN JAGUNG PADA TANAH PODSOLIK (ULLYANA SAMITHA, 2021)

PENGARUH RESIDU PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH DAN KANDUNGAN PROTEIN PADA KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERR) (CUT RISNA GUSNITA, 2020)

PERUBAHAN SIFAT FISIKA TANAH ULTISOL AKIBAT PEMBENAH TANAH DAN POLA TANAM (Andi Aris Muhidin, 2017)

PENGARUH PUPUK ORGANIK DAN BIOCHAR YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN PUPUK NPK SERTA BUDIDAYA TUMPASARI JAGUNG DAN KEDELAI TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIKA TANAH (Mukhsin Febi Mirza, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy