PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)PADA PERKULIAHAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)PADA PERKULIAHAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF


Pengarang

MULYADI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200150031

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Mulyadi, Penggunaan Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah terhadap Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Kognitif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan model pembelajaran Reading Questioning and Answering terhadap kemampuan berpikir, hasil belajar kognitif, dan mengetahui tanggapan mahasiswa pada perkuliahan Botani Tumbuhan rendah. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan Pretest-postest Control Group Design. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester empat pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry berjumlah 58 orang. Model pembelajaran kelas eksperimen ditempuh melalui pembelajaran berbasis model RQA, sedangkan kelas kontrol melalui pembelajaran konvensional. Tes kemampuan berpikir menggunakan rubrik standar dan tes hasil belajar kognitif menggunakan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kearah berpikir tingkat tinggi pada mahasiswa yang dibelajarkan melalui model RQA. Hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan melalui model RQA terjadi peningkatan pada taraf signifikansi p > 0,05 . Tanggapan positif mahasiswa untuk alternatif ya sebesar 82,1% (tinggi), ragu 9,2% (sangat rendah) dan tidak 8,4% (sangat rendah). Dengan demikian penerapan model RQA dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah.

Kata Kunci: Reading, Questioning and Answering, Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Kognitif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK