//

EFEKTIVITAS RIZOBAKTERI ISOLAT TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN KOLONI PATOGEN FUSARIUM OXYSPORUM TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.) SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rivayani Ahyamaqvirah - Personal Name
SubjectMUSHROOMS - AGRICULTURE
PHYTOPHTORA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Terung (Solanum melongena L.) merupakan tanaman sayur-sayuran yang termasuk famili Solanaceae. Buah terung disenangi setiap orang baik sebagai lalapan segar maupun diolah menjadi berbagai jenis masakan. Permintaan terhadap terung terus meningkat sejalan dengan pertambahan penduduk yang diikuti dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat sayur-sayuran dalam memenuhi gizi keluarga, sehingga produksi terung perlu terus ditingkatkan meskipun produktivitas terung nasional cenderung meningkat tiap tahunnya, produksi terung di Indonesia masih rendah dan hanya menyumbang 1% dari kebutuhan dunia. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya produktivitas terung di Indonesia, salah satunya yaitu mikroorganisme rizosfer yang dapat berpengaruh menguntungkan dan merugikan terhadap tanaman. Pengatuh merugikan seperti penyakit, bakteri perusak akar, dan immobilization nutrisi tanaman serta serangan penyakit tanaman. Fusarium merupakan salah satu jamur tular tanah menular melalui tanah atau bahan tanaman yang berasal dari tanaman sakit, dan menginfeksi tanaman melalui luka pada akar yang dapat menyebabkan penyakit layu pada tanaman. Salah satu yang mempengaruhi keanekaragaman dan struktur komunitas rizobakteri berasal dari jenis tanaman dan umur tanaman. Diduga bahwa jenis isolat rizobakteri yang berasal dari rizosfer tanaman tomat juga dapat mengendalikan cendawan patogen tanaman terung, hal ini disebabkan karena tanaman tomat dan taman terung satu famili (solanaceae). Penelitian bertujuan untuk mendapatkan isolat rizobakteri asal rizosfer tanaman tomat yang mampu berperan sebagai agen biokontrol dalam menghambat patogen F. oxysporum pada tanaman terung secara in vitro. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Benih, Fakultas pertanian, Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh. Pelaksanaan Penelitian dimulai dari Mei sampai juli 2018. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial. Faktor yang diteliti yaitu isolat rizobakteri, taraf yang dicoba terdiri dari 18 isolat yang diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 54 unit satuan percobaan, rizobakteri agen biokontrol di uji antagonisnya dalam melawan patogen F. oxysporum tanaman terung, dimana rizobakteri diberi simbol R dan Paogen diberi simbol P. Parameter yang dimati dalam Penelitian ini adalah persentase penghambatan rizobakteri terhadapat pertumbuhan koloni patogen dan laju penghambatan rizobakteri terhadap pertumbuhan koloni patogen. Hasil pengujian kemampuan 18 isolat rizobakteri agen biokontrol dalam menghambat pertumbuhan koloni patogen tanaman terung secara in vitro (F. oxysporum) diperoleh hasil bahwa isolat rizobakteri berpengaruh tidak nyata terhadap persentase penghambatan pertumbuhan koloni patogen, dengan persentase penghambatan tertinggi terdapat pada isolat SRK5/3 yaitu 61,97%, dan laju penghambatan terbaik yang mampu menghambat pertumbuhan koloni, spora dan hifa yaitu isolat SRK5/3 dengan nilai 11,50 mm/hari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS RIZOBAKTERI ISOLAT TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN KOLONI PATOGEN FUSARIUM OXYSPORUM TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.) SECARA IN VITRO (Rivayani Ahyamaqvirah, 2018)

EFEKTIVITAS DAYA HAMBAT RIZOBAKTERI TERHADAP PATOGEN FUSARIUM OXYSPORUM SECARA IN VITRO DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBIBITAN TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.) (Yufaizanur Asria, 2019)

UJI IN VITRO DAYA HAMBAT RIZOBAKTERI ISOLAT TANAMAN TOMAT TERHADAP FUSARIUM OXYSPORUM DAN PERANNYA SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.). (SANA HARIRA, 2019)

EKSPLORASI DAN UJI KEMAMPUAN RIZOBAKTERI SEBAGAI KANDIDAT AGENS BIOKONTROL DALAM MENGHAMBAT PATOGEN FUSARIUM OXYSPORUM DAN PHYTIUM SP. TERBAWA BENIH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) SECARA IN VITRO (Tia Royanti, 2017)

EFEKTIVITAS MINYAK CENGKEH UNTUK MENGENDALIKAN PATOGEN TERBAWA BENIH SECARA IN VITRO DAN IN VIVO PADA BENIH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) (Neza Puspita, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy