//

KARAKTERISTIK HASIL TANGKAPAN DAN TINGKAT KERAMAHAN LINGKUNGAN ALAT TANGKAP TRAMMEL NET DI PERAIRAN LANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arie Ramadhan - Personal Name
SubjectPRODUCT DEVELOPMENT MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perairan Kuala Langsa sebagai salah satu prioritas pembangunan sektor perikanan dan kelautan di Kota Langsa, diharapkan dapat menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi kota tersebut. Perkembangan aktivitas penangkapan ikan di perairan Kuala Langsa juga terus meningkat, salah satunya penangkapan menggunakan trammel net. Trammel net merupakan salah satu jenis alat tangkap yang banyak digunakan oleh nelayan Kuala Langsa, dengan target tangkapan adalah udang. Namun pada kenyataannya hasil tangkapan yang paling banyak adalah ikan, dengan jenis dan ukuran ikan yang tertangkap beranekaragam. Selain itu hasil tangkapan sampingan yang diperoleh juga sangat banyak. Berukuran kecil dan tidak laku untuk dijual. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan karakteristik hasil tangkapan dan tingkat keramahan trammel net terhadap lingkungan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara experimental fishing. Karakteristik hasil tangkapan yang dianalisis adalah panjang, berat, cara tertangkap hasil tangkapan dan kelompok hasil tangkapan. Analisis tingkat keramahan alat penangkap ikan terhadap lingkungan dijelaskan melalui indeks keanekaragaman Shannon indeks dominansi Simpson, dan analisis skoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis hasil tangkapan yang paling dominan tertangkap dengan cara entangled . Komposisi hasil tangkapan utama (41,60%) dan hasil tangkapan sampingan (58,40%). Sementara itu indeks keanekaragaman jenis hasil tangkapan rata-rata 0,80 (indek keragaman tinggi; selektivitas alat tangkap rendah) dan indeks dominansi rata-rata 0,27 (tidak terjadi dominasi spesies hasil tangkapan). Nilai total skoring berdasarkan kategori tingkat keramahan lingkungan adalah 27 yang berarti termasuk dalam kategori alat tangkap kurang ramah terhadap lingkungan. Kata Kunci: Karakteristik Hasil Tangkapan, Keramahan Lingkungan, Keanekaragaman, Dominansi, Perairan Kuala Langsa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KERAMAHAN LINGKUNGAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE DI PPI SAWANG BA’U KABUPATEN ACEH SELATAN (ERI FADLI, 2019)

ANALISIS HASIL TANGKAPAN DAN TINGKAT KERAMAHAN LINGKUNGAN JARING INSANG DASAR DI PELABUHAN PERIKANAN DESA RIGAIH, KABUPATEN ACEH JAYA (Teuku Mohammad Fachri Nasiruddin, 2019)

IDENTIFIKASI ALAT PENANGKAPAN IKAN RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS CODE OF CONDUCT FOR RESPONSIBLE FISHERIES (CCRF) DI KABUPATEN PIDIE (Muhammad Ikram, 2019)

IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN, DOMINANSI, DAN UKURAN LAYAK TANGKAP IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DENGAN ALAT TANGKAP BAGAN APUNG DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LHOK SEUDU, KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD RIANDI, 2020)

KAJIAN HASIL TANGKAPAN SAMPINGAN (BYCATCH) ALAT TANGKAP JARING AMBAI DI KRUENG JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA (Fitri Handayani, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy