//

KEANEKARAGAMAN IKAN PADA KAWASAN KONTRUKSI GROPOZAG DI PERAIRAN UJUNG BATEE KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKI SYAHPUTRA - Personal Name
SubjectFISHES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelimpahan dan keanekaragaman jenis ikan pada kawasan kontruksi GROPOZAG di Perairan Ujung Batee, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2018 sampai dengan bulan Maret 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu belt transect dengan cara visual sensus. Pengambilan data ikan dilakukan setiap sebulan sekali pada saat pasang tertinggi dengan kedalaman 2-4 meter dan setiap satu kali pengambilan data dilakukan 3 kali pengulangan. Hasil dari penelitian ini ditemukan 13 spesies ikan yang terbagi dalam 9 famili yang berada pada kawasan kontruksi GROPOZAG di perairan Ujung Batee. Beberapa spesies ikan yang selalu ditemukan pada pengambilan data setiap bulannya seperti spesies Acanthurus auranticavus, Abudefduf vaigiensis, Monodactylus argenteus dan Arothron manilensis. Kelimpahan ikan rata-rata pada kawasan kontruksi GROPOZAG di perairan Ujung Batee yaitu 130 ind/80m 2 . Nilai indeks keanekaragaman (H’) ikan berkisar antara 1,15-1,79 dan tergolong dalam kategori sedang dan nilai indeks keseragaman ikan berkisar antara 0,76-0,83 dan termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: GROPOZAG, Perairan Ujung Batee, keanekaragaman ikan, visual sensus.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KELIMPAHAN DAN POLA SEBARAN BALANUS AMPHITRITE YANG BERASOSIASI DENGAN GROPOZAG DI PERAIRAN PANTAI UJUNG BATEE ACEH BESAR (Safruddin, 2019)

KEANEKARAGAMAN SPESIES TERUMBU KARANG (CORAL-REEF) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI IDASARI, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS IKAN KARANG DI PERAIRAN PULAU BATEE KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Zuhal, 2017)

ANALISIS STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON DI PERAIRAN UJUNG PANCU ACEH BESAR (JEFRI HERIANTONI, 2018)

KEBIASAAN MAKAN DAN RELUNG EKOLOGI IKAN YANG MENDOMINASI DI PERAIRAN KUALA GIGIENG KABUPATEN ACEH BESAR (AZURA HELMAHERA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy