ANALISIS BIPLOT DAN DISKRIMINAN KUADRATIK UNTUK MENGELOMPOKKAN SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS BIPLOT DAN DISKRIMINAN KUADRATIK UNTUK MENGELOMPOKKAN SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA


Pengarang

Mutia Andriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1408108010013

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Masalah pengelompokan sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Terdapat beberapa metode pengelompokan dalam ilmu statistika, seperti analisis biplot dan diskriminan. Analisis biplot untuk mengetahui karakteristik objek dan analisis diskriminan kuadratik untuk membentuk fungsi dan ketepatan pengelompokan objek. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMAN di Kota Banda Aceh dengan kategori tingkat SMAN unggul, menengah, dan biasa. Adapun variabel yang digunakan adalah variabel yang memengaruhi motivasi belajar siswa. Variabel tersebut terdiri dari minat belajar, penggunaan gadget, lingkungan belajar dan fasilitas belajar. Berdasarkan analisis biplot menunjukkan: a). SMAN di Kota Banda Aceh memiliki karakteristik yang berbeda. b). Semakin bagus lingkungan belajar maka semakin bagus juga fasilitas belajar. Jika penggunaan gadget meningkat maka akan menurunkan minat belajar siswa SMAN di Kota Banda Aceh. c). Kategori tingkat SMAN menengah memiliki minat belajar tertinggi yaitu sebesar 35,06% dibandingkan dengan SMAN lainnya dan fasilitas belajar siswa SMAN di Kota Banda Aceh relatif sama. d). Siswa dengan kategori tingkat SMAN biasa memiliki tingkat pengunaan gadget tertinggi dan siswa dengan kategori tingkat SMAN menengah memiliki minat belajar yang tertinggi. Fungsi diskriminan kuadratik yang diperoleh memiliki ketepatan mengelompokkan siswa sebesar 85,05% dengan APER sebesar 14,95% dan hal ini juga dibuktikan dengan keakuratan dari hasil statistik uji Press’Q sebesar 443.
Kata Kunci : Biplot, Diskriminan kuadratik, Faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK