//

PENGUJIAN SWELLING PRESSURE TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA TEUPIEN BATEE KECAMATAN BLANG BINTANG YANG DISTABILISASI DENGAN SERBUK MARMER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang irfandi - Personal Name
SubjectSOILS-ENGINEERING GEOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam membangun suatu konstruksi, tanah merupakan bagian yang sangat penting, karena tanah akan mendukung beban konstruksi yang ada diatasnya seperti penyaluran beban dari pondasi terhadap tanah yang mendukung konstruksi. Tidak stabilnya tanah dan kurang baiknya kemampuan daya dukung tanah adalah salah satu penyebab dari kembang susut yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan pengujian tentang tes pengembangan (Swelling Pressure) yang di stabilisasi dengan serbuk marmer, dengan tujuan mengetahui seberapa jauh kebaikan dan kekurangan serbuk marmer sebagai bahan stabilisasi tanah, tanah yang digunakan berasal dari Desa Teupien Batee Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Marmer yang digunakan berasal dari sisa-sisa pembangunan lantai masjid Syuhada yang berada di Desa Lamgugop. Penelitian dilakukan di laboratorium Mekanika Tanah Fakultas Teknik Unsyiah, Peralatan yang digunakan untuk pengujian pengembangan tanah adalah alat swelling pressure. Metode penelitian melalui pengujian dimulai dengan memeriksa sifat-sifat fisis tanah yang meliputi pengukuran berat jenis, pengukuran batas cair, pengukuran batas plastis dan pembagian butiran, sedangkan pemeriksaan sifat mekanis tanah yang meliputi pengujian pemadatan dan pengembangan. Campuran serbuk marmer yang diberikan adalah 0%, 3%, 6% dan 9%. Adapun hasil pengujian sifat-sifat fisis yaitu, Berat jenis 2,585, batas cair 60,07%, batas plastis 23,65%, indeks plastis 36,42% dan analisa saringan 81,003%. Tanah tersebut menurut klasifikasi AASHTO A-7-6 (23), sedangkan menurut sistem USCS tanah tersebut diklasifikasikan kedalam lempung tak organik dengan plastisitas tinggi yaitu tanah yang tergolong jenis (fat clay) simbol kelompok CH. Berdasarkan hasil pengujian, persentase penurunan swelling pressure sebesar 25,56 % dari 3,17604 kPa pada tanah asli menjadi 2,36412 kPa pada campuran 9% serbuk marmer yang lolos saringan 200. Dari hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa serbuk marmer mampu mengisi ruang antar butiran tanah dan menyebabkan besarnya rongga-rongga antar butiran menjadi lebih kecil.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA TEUPIEN BATEE KECAMATAN BLANG BINTANG DENGAN SERBUK MARMER DAN PENGARUH TERHADAP NILAI CBR (Zahratun Nisa, 2013)

PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK MARMER TERHADAP KEPADATAN TANAH LEMPUNG DESA TEUPIEN BATEE KECAMATAN BLANG BINTANG (Lisa Andria, 2013)

STABILISASI KAPUR CA(OH)2 PADA TANAH LEMPUNG EKSPANSIF TERHADAP NILAI FREE SWELLING DAN SWELLING PRESSURE SUBGRADE JALAN RAYA DENGAN MODEL PENYERAPAN AIR SECARA VERTIKAL (Nazirruddin, 2017)

PENGUJIAN DIRECT SHEAR TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA TEUPIEN BATEE KECAMATAN BLANG BINTANG YANG DISTABILISASI DENGAN SERBUK MARMER (Siti Maisarah, 2013)

PENGARUH CAMPURAN SERBUK CANGKANG TELUR TERHADAP KUAT GESER TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE KECAMATAN BLANG BINTANG (Nurul Sufliati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy