//

RESPON PETANI PADI SAWAH TERHADAP PENGGUNAN PUPUK ORGANIK CAIR DI GAMPONG BLANG CUT KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Munzirin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi respon petani padi terhadap penggunaan pupuk organik cair dan juga untuk mengetahui respon petani padi terhadap penggunaan pupuk organik cair di Gampong Blang Cut Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah asosiatif dilakukan dengan teknik survei menggunakan kuisioner. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sensus yaitu di Desa Blang Cut. Sampel ditentukan dengan teknik proporsional random sampling sebanyak 20 responden petani yang ada di desa Blang Cut. Jenis dan sumber data meliputi data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi respon dan respon petani padi dalam penggunaan pupuk organik Cair adalah Skala Likert dengan rumus lebar interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi respon adalah manfaat yang diharapkan dari penggunaan pupuk dalam kategori sedang, 65% responden menganggap pupuk Organik Cair sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pupuk, membantu dalam meningkatkan produksi padi, dan membantu atau mempermudah dalam pengolahan lahan; selang waktu antara awal penggunaan dengan memperoleh manfaat pupuk sebagian besar dalam kategori (baik), 100% responden mengetahui bahwa pupuk Organik Cair lebih lama memberikan dampak terhadap tanaman. Respon petani padi dalam penggunaan pupuk Organik Cair adalah respon kognitif sebagian besar petani responden dalam kategori baik, 75% responden memahami pupuk Organik cair; respon afektif petani responden sebagian besar dalam kategori baik, 92,5% responden setuju apabila pupuk Organik Cair menghemat pupuk kimia komersial; respon konatif petani responden sebagian besar dalam kategori sedang, 45 % responden menggunakan pupuk antara sepertiga hingga dua pertiga dosis yang dianjurkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH YANG MENGGUNAKAN PUPUK HAYATI CAIR DI DESA BLANG CUT KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (syukran, 2017)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEMI ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA SEUMEUREUNG KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Savira, 2021)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH SISTEM KONVENSIONAL DENGAN SISTEM JAJAR LEGOWO DI GAMPONG RHING BLANG KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA (Miranda Rosiva, 2019)

PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH YANG MENGUSAHAKAN VARIETAS PANDAN WANGI DAN ANGKE MENGGUNAKAN METODE SRI DI GAMPONG LUTHU LAMWEU KEC. SUKA MAKMUR KAB. ACEH BESAR (Dara Angreka Soufyan, 2020)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DENGAN PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK DI DESA LAMBEUGAK KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (Rizki Aulia, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy