PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG LIMBAH IKAN LEUBIM (CANTHIDERMIS MACULATA) TERHADAP BOBOT DAN PERSENTASE ORGAN DALAM AYAM BROILER | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG LIMBAH IKAN LEUBIM (CANTHIDERMIS MACULATA) TERHADAP BOBOT DAN PERSENTASE ORGAN DALAM AYAM BROILER


Pengarang

Mutia Safrida - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1405104010025

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Peternakan (S1) / PDDIKTI : 54231

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Salah satu jenis ikan yang banyak terdapat di perairan Aceh adalah ikan leubim. Nama dasar ikan ini adalah spotted oceanic triggerfish yang termasuk ke dalam spesies Canthidermis maculata (Eschemeyer, 1998). Jenis ikan ini kurang disukai oleh masyarakat Aceh untuk dikonsumsi sehingga pada mulanya sering dibuang atau dijual dengan harga sangat murah untuk makanan itik dalam bentuk segar. Harga ikan leubim semakin lama semakin meningkat dikarenakan semakin meningkatnya masyarakat yang memanfaatkan ikan tersebut untuk dibuat antara lain dendeng, bakso, dan empek-empek. Bagian yang diambil untuk tujuan pengolahan tersebut adalah dagingnya saja, sedangkan limbahnya berupa kepala, kulit, tulang, insang, jeroan, dan sirip dibuang begitu saja. Limbah ini cukup banyak dijumpai di pasar ikan dan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Lampulo, Kabupaten Aceh Besar dan dibuang sebagai limbah.
Permasalahan lainnya adalah bahan limbah ikan ini berasal dari tempat yang tercemar sehingga berpotensi munculnya kuman-kuman pathogen. Meskipun dengan cara pengolahan dapat meminimalisasikan bibit-bibit penyakit tersebut. Kondisi organ dalam dapat memberi petunjuk apakah daging ayam yang diproduksi layak dikonsumsi atau tidak. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini dimaksudkan untuk mencari tahu apakah penggunaan tepung ikan limbah leubim berpengaruh nyata atau tidak pada organ-organ dalam ayam broiler. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan tepung limbah ikan leubim terhadap bobot dan persentase organ dalam ayam broiler.
Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Lapangan Peternakan (LLP). Program Studi Peternakan, Universitas Syiah Kuala tanggal 4 Mei?8 Juni 2018. Penelitian ini mengunakan 80 ekor DOC. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penggunaan tepung limbah ikan leubim sebanyak 0, 4, 8, dan 12% di dalam ransum. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan, 4 ulangan, dan 2 subsampel. Parameter yang diamati meliputi: (1) bobot dan persentase organ saluran pencernaan (tembolok, gizzard, dan usus), (2) bobot dan persentase organ pembantu pencernaan (hati, pankreas, dan limpa), (3) bobot dan persentase organ sirkulasi dan darah (jantung dan darah), dan (5) mortalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA). Jika dari analisis tersebut didapatkan hasil yang berbeda nyata, maka dilanjutkan dengan uji Jarak Berganda Duncan (Steel dan Torrie, 1991).
Hasil penelitian memperlihatkan penggunaan tepung limbah ikan leubim pada level 0?12% berpengaruh sangat nyata (P

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK