//

INTERAKSI DAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN PASIEN GANGGUAN JIWA (STUDI PADA RUMAH SAKIT JIWA ACEH, BANDA ACEH ) SKRIPSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riza Trisnawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rumah Sakit Jiwa (RSJ) merupakan organisasi pengelola jasa pelayanan dalam bidang kesehatan khususnya kesehatan jiwa. Setiap orang yang mengalami gangguan jiwa membutuhkan pelayanan kesehatan serta penanganan khusus dari tenaga kesehatan Rumah Sakit Jiwa untuk dapat pulih kembali normal. Tenaga kesehatan di Rumah Sakit Jiwa sangatlah beragam, salah satunya adalah perawat. Perawat memiliki peran penting dalam proses pemulihan pasien gangguan jiwa karena perawat memiliki intensitas waktu lebih banyak dalam berinteraksi untuk merawat pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan interaksi dan komunikasi dan juga hambatan perawat dengan pasien gangguan jiwa pada Rumah Sakit Jiwa Aceh Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Aceh Banda Aceh. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini adalah 4 orang perawat yang bertugas di Rumah Sakit Jiwa Aceh Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan pasien perawat perlu menjalin keakraban dengan pasien terlebih dahulu dan menciptakan hubungan saling percaya agar pasien mendengarkan dan nyaman saat berinteraksi. Hambatan yang ditemui pasien meliputi keadaan jiwa yang tidak stabil (kumat), belum terjalinnya rasa percaya pasien terhadap perawat sehingga pasien tidak mau menurut dan patuh terhadap perawat serta pembicaraan pasien menggunakan bahasa yang tidak dimengerti oleh perawat. Penerapan komunikasi antar perawat dan pasien di Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh ini dirasakan oleh pasien dan keluarganya membawa dampak positif bagi mereka khususnya dalam meningkatkan kesembuhan pasien. Untuk melaksanakan komunikasi dan interaksi yang efektif perawat harus mempunyai keterampilan yang cukup dan memahami tentang aktivitas yang akan ditangani Kata Kunci : Rumah Sakit Jiwa, Interaksi dan Komunikasi, Perawat, Pasien. ABSTRACT Mental Hospital (RSJ) is a service organization in the field of health services, especially mental health. Everyone who suffers from mental disorders require health services as well as special handling from the mental health personnel of the Mental Hospital to be able to recover normally. Health workers at Mental Hospital are very diverse, one of which is a nurse. Nurses have an important role in the recovery process of psychiatric patients because nurses have more time intensity in interacting to treat patients. The purpose of this research is to know the application of interaction and communication and also barrier of nurse with patient of mental disorder at Mental Hospital Aceh Banda Aceh. This research uses qualitative approach with descriptive analysis. This study was conducted at Mental Hospital Aceh Banda Aceh. As for the informants in this study are 4 nurses who served in Mental Hospital Aceh Banda Aceh. The results of this study indicate that in interacting and communicating with patient nurses need to establish familiarity with patients first and create a relationship of mutual trust so that patients listen and comfortable when interacting. Obstacles encountered by the patient include an unstable mental state (kumat), the patient's confidence in the nurse is not established so that patients do not want to obey and obey the nurse and patient talk using language that is not understood by the nurse. Implementation of communication between nurses and patients at Mental Hospital Banda Aceh is felt by patients and their families bring a positive impact for them, especially in improving the patient's recovery. To implement effective communication and interaction nurses should have sufficient skills and understand about the activities to be addressed Keywords: Mental Hospital, Interaction and Communication, Nurse, Patient.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN RUMAH SAKIT JIWA ACEH TEMA : NATURALLY HEALTY (Fahzul Kabir, 2017)

INTERAKSI DAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN PASIEN GANGGUAN JIWA (STUDI PADA RUMAH SAKIT JIWA ACEH, BANDA ACEH ) SKRIPSI (Riza Trisnawati, 2018)

ANALISIS KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM PEMULIHAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Cut Putri Meliza, 2017)

ASUPAN MAKANAN HARIAN PASIEN PENDERITA GANGGUAN JIWA YANG DISAJIKAN PIHAK RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Muliana, 2016)

EVALUASI PENERAPAN DISCHARGE PLANNING PADA KELUARGA PASIEN GANGGUAN JIWA DI KOTA BANDA ACEH (Farah Mutia, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy