//

ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK BUNGA CEMPAKA PUTIH (MICHELIA ALBA D.C.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irma Suryani - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
ORGANIC CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Bunga cempaka putih (Michelia alba D.C.) termasuk ke dalam famili Magnoliaceae yang sering dimanfaatkan secara tradisional oleh masyarakat Indonesia. Bunga M. alba sebanyak 3350 g dimaserasi dengan pelarut metanol dan dipartisi dengan pelarut n- heksana sehingga diperoleh ekstrak n-heksana sebesar 13,9 g (4,96 %). Ekstrak metanol dari hasil partisi diekstraksi kembali dengan etil asetat sehingga diperoleh ekstrak etil asetat sebesar 40,1 g (14,32 %) dan ekstrak metanol sebesar 214,1 g (76,46 %). Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak n-heksana mengandung senyawa fenol, terpenoid, dan steroid, sedangkan ekstrak metanol dan ekstrak etil asetat mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, fenol, terpenoid, dan steroid. Uji aktivitas antioksidan terhadap ketiga ekstrak tersebut dilakukan dengan menggunakan 1,1- diphenil 2- pycrilhydrazil (DPPH). Hasil uji aktivitas antioksidan terhadap ekstrak metanol dan ekstrak etil asetat menunjukkan hasil aktivitas antioksidan yang sangat kuat dengan IC50 masing-masing yaitu 11,04 ppm dan 4,61 ppm sedangkan ekstrak n- heksana tidak menunjukkan aktivitas antioksidan dengan IC50 sebesar 1776,06 ppm. Ekstrak etil asetat diisolasi dengan kromatografi kolom gravitasi sehingga diperoleh 12 fraksi gabungan disebut dengan Michelia alba ekstrak etil asetat (MAEA) yang terdiri dari MAEA.1 sampai dengan MAEA.12. Hasil ujji aktivitas antioksidan terhadap fraksi gabungan menunjukkan fraksi MAEA.8 sampai dengan MAEA.12 memiliki aktivitas antioksidan dengan kategori sangat kuat yaitu memiliki IC50 antara 2 ppm sampai dengan 30 ppm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bunga M. alba memiliki aktivitas antioksidan yang dapat menghambat aktivitas radikal DPPH.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK N-HEKSANA, ETIL ASETAT DAN METANOL BUNGA CEMPAKA PUTIH (MAGNOLIA ALBA) TERHADAP STAPHYLOCOCCUS EPIDERMIDIS DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Soraya Septiya, 2016)

AKTIVITAS ANTIMIKROBIAL SENYAWA METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK N-HEKSANA BUNGA KAMBOJA PUTIH (PLUMERIA ALBA) (Issura, 2014)

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK KULIT BATANG GLODOKAN (POLYALTHIA LONGIFOLIA) (Anisa Rasyida, 2017)

EFISIENSI PEMANFAATAN MAKANAN GRAPHIUM DOSON FELDER & FELDER (LEPIDOPTERA: PAPILIONIDAE) PADA EMPAT JENIS TANAMAN INANG (NOVRIZAL AKBAR, 2019)

ISOLASI DAN ELUSIDASI STRUKTUR KIMIA SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI DAUN DAN AKAR PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT.) YANG MEMPUNYAI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER (Nurmilasari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy