//

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAKONGAN KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita Ardiyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran Jigsaw pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 1 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan”. Adapun masalah dalam penelitian ini apakah ini terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 1 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 1 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII3 SMP Negeri 1 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan memberi perlakuan kepada siswa berupa model pembelajaran NHT dan Jigsaw (variabel bebas) untuk melihat perbedaan prestasi belajar siswa (variabel terikat). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbeda, dimana kelas VIII1 yang menggunakan model pembelajaran NHT memperoleh nilai rata-rata 84,5 sedangkan kelas VIII3 dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw mendapat nilai 76,7. Adapun selisih nilai akhir siswa di kelas VIII1 dan VIII3 sebesar 7,8. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 1 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. Prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI MATERI PRESTASI DIRI PADA KELAS IX SMP NEGERI 2 BAKONGAN ACEH SELATAN (RUSMIATI, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL SUMBANG SARAN (BRAIN STORMING) PADA KONSEP DEMOKRASI KELAS VIII DI SMP 1 BAKONGAN TIMUR (Siti Asnah, 2014)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE MAKE A MATCH DENGAN METODE FLASH CARD DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH. (Susiani, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDA (NURASIAH, 2021)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy